Soal Kirab Bendera dari Monas ke IKN, Jokowi: Tercipta Momen Bersejarah

Oleh: Tim Redaksi
Sabtu, 10 Agustus 2024 | 17:15 WIB
Prosesi kirab bendera memakai kendaraan MV3-Maung Tangguh melintas di Jalan Merdeka Barat, Jakarta, Sabtu (10/8/2024). (Berita Nasional.com/okeatmaja)
Prosesi kirab bendera memakai kendaraan MV3-Maung Tangguh melintas di Jalan Merdeka Barat, Jakarta, Sabtu (10/8/2024). (Berita Nasional.com/okeatmaja)

BeritaNasional.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut kirab duplikat bendera Merah Putih dan teks proklamasi dari Monas, Jakarta, menuju Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur (Kaltim), sebagai peristiwa bersejarah.

"Hari ini tercipta momen bersejarah. Untuk pertama kalinya, bendera duplikat Sang Merah Putih dan teks proklamasi diarak dari Monas ke Ibu Kota Nusantara (IKN)," ungkap Jokowi melalui akun media sosial Instagram @jokowi pada Sabtu (10/8/2024).

Mantan gubernur Jakarta ini menuturkan kirab ini menjadi bagian dari peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan Indonesia.

Jokowi melanjutkan kirab ini melibatkan berbagai elemen masyarakat, termasuk 180 Abang-None Jakarta, 122 Purna Paskibraka DKI Jakarta, serta siswa IPDN, politeknik, dan pamong praja. 

Jokowi mengatakan kesenian dan kearifan lokal turut memeriahkan kirab ini, menghadirkan nuansa budaya yang kental sepanjang perjalanan.

"Semoga semangat kebangsaan, persatuan, dan gotong royong terus menyala dan menginspirasi seluruh rakyat Indonesia," tandasnya.

Kirab ini dipimpin oleh Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dan diawali dengan penyerahan duplikat bendera Merah Putih dan teks proklamasi yang ada di Ruang Kemerdekaan Monumen Nasional dari Kepala Sekretariat Presiden kepada Tim Purna Paskibraka Duta Pancasila.

Tim Purna Paskibraka Duta Pancasila yang bertugas sebagai pembawa bendera Merah Putih adalah Kachina Ozora dari Provinsi Kalimantan Tengah. Sementara itu, bertugas sebagai pembawa teks proklamasi adalah Keyla Azzahra Purnama dari Provinsi Sumatra Selatan.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: