Jusuf Hamka Antar Surat Pengunduran Diri ke Golkar: Saya Sudah Sepuh

Oleh: Panji Septo R
Senin, 12 Agustus 2024 | 10:31 WIB
Jusuf Hamka kembalikan surat instruksi Golkar (Beritanasional/Panji)
Jusuf Hamka kembalikan surat instruksi Golkar (Beritanasional/Panji)

BeritaNasional.com - Jusuf Hamka menyambangi DPP Partai Golkar usai secara tiba-tiba mengumumkan pengunduran diri dari partai berlogo pohon beringin per Sabtu (10/8/2024). 

Usai tiba di DPP, ia membeberkan isi surat pengunduran diri yang ia buat di Bandung pada 11 Agustus 2024 dan ditujukan kepada Pimpinan DPP Partai Golkar. 

"Ingin mengajukan pengunduran diri saya sebagai pengurus DPP Partai Golkar, adapun alasan saya sebagai berikut. Satu, usia saya telah sepuh," ujar Jusuf Hamka di DPP Partai Golkar, Senin (12/8/2024).

Kedua, pria yang akrab disapa Babah Alun itu mengaku disarankan istri dan anak-anaknya untuk mengundurkan diri dari partai politik. Ketiga, ingin melanjutkan program masjid Babah Alun di 38 provinsi.

"Keempat, kembali ke cita-cita kembali ke cita-cita saya sebagai pekerja sosial untuk mengikuti Bunda Teresa," tuturnya.

Sebelumnya, ia memutuskan hengkang dari Partai Golkar bertepatan dengan mundurnya Airlangga Hartarto sebagai ketua umum.

Ia beralasan tidak cocok menjadi seorang politikus. Ia menganggap dunia politik terlalu keras baginya di usia senja.

“Alasannya saya kira terlalu keras dan kasar buat saya. Tidak pantas dengan anatomi karakter saya,” kata dia.

Terkait mundurnya Airlangga, ia menduga ada sesuatu alasan yang besar sehingga menteri koordinator bidang perekonomian itu harus mundur.

“Saya liat dengan Pak Airlangga mundur, ini satu momentum karena pasti Pak Airlangga mundur ada satu alasan besar, yang kita enggak tau,” ucapnya.

Ia merasa sudah cukup berkiprah di bidang politik. Dirinya mengaku tidak ingin bermain kasar dan keras di dunia politik tanah air.

Ia akan mengembalikan surat instruksi Partai Golkar terkait pencalonannya sebagai gubernur maupun wakil gubernur hari ini.

“Saya akan ketemu Pak Sekjen saya akan sampaikan surat-surat ini. Jadi pencalonan saya baik di Jakarta pun saya kembalikan, baik di Jabar saya kembalikan,” ujarnya.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: