Ketika Jokowi Sebut Kualitas Udara IKN Lebih Bagus Dibanding Singapura

Oleh: Tim Redaksi
Selasa, 13 Agustus 2024 | 12:08 WIB
Presiden Jokowi. (Foto/BPMI).
Presiden Jokowi. (Foto/BPMI).

BeritaNasional.com - Presiden Jokowi menyebut kualitas udara di Ibu Kota Nusantara (IKN) berada di angka 6 dengan artian kualitas udaranya baik. Ia pun turut membandingkan kualitas udara IKN yang jauh lebih baik ketimbang di Singapura.

Hal itu disampaikan Jokowi saat memberikan pengarahan kepada gubernur, wali kota, dan bupati se-Indonesia di Istana Garuda, Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Selasa (13/8/2024).

“Kemarin pagi saya cek di iKN berapa air quality indexnya, hanya enam,” tutur Jokowi.

Dikatakan Kepala Negara, hal ini pastinya merupakan sesuatu yang baik. Padahal, kata Jokowi, di IKN belum menggunakan kendaraan listrik. 

Dalam kesempatan ini, Jokowi pun membandingkan udara IKN dengan Singapura yang kualitasnya berada di angka 53.

“Padahal kendaraanya belum listrik. Kalau kendaraannya listrik mungkin jadi 0. Saya kemarin kita cek Singapura 53, maksimal itu 50 udara yang baik dan sehat itu maksimal itu hanya 50,” beber Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga bilang kualitas udara di pulau Jawa yang disebutnya sudah tidak baik.  Ia pun meminta kepala daerah bisa menyoroti hal tersebut. 

“Tapi kota-kota kita utamanya di Jawa itu sudah semua di atas 100. Ini yang harus kita cermati oleh bupati/walikota dan gubernur,” jelas Jokowi. 

Kepala Negara juga menuturkan bahwa banyak masyarakat yang terkena penyakit ISPA dikarenakan kualitas udara tidak baik. 

“Menteri kesehatan menyampaikan kepada saya, karena udara yang tidak baik, ISPA di Jabodetabek menghabiskan hampir 10 triliun rupiah. Uang yang tidak sedikit kita pakai untuk menangani kesehatan karena adanya penyakit pernafasan dari polusi udara yang terjadi di sebuah kota,” tandas Jokowi.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: