Di Hadapan Kepala Daerah, Presiden Jokowi Sebut IKN Jadi Contoh Kota Masa Depan

Oleh: Tim Redaksi
Selasa, 13 Agustus 2024 | 13:30 WIB
Presiden Jokowi bersama Wapres Ma'ruf Amin dan para menteri di Kabinet Indonesia Maju saat meninjau IKN. (Foto/Setwapres)
Presiden Jokowi bersama Wapres Ma'ruf Amin dan para menteri di Kabinet Indonesia Maju saat meninjau IKN. (Foto/Setwapres)

BeritaNasional.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan Ibu Kota Nusantara (IKN) adalah contoh kota masa depan yang dibangun dengan konsep forest city.

Hal tersebut diungkapkan Jokowi saat memberikan pengarahan kepada gubernur, wali kota, dan bupati se-Indonesia di Istana Garuda, IKN, Kalimantan Timur, Selasa (13/8/2024).

‘’Jadi, kota hutan, bukan kota beton. Saya kira di semua provinsi, kabupaten, dan kota bisa merencanakan dan mengonsep kotanya itu ingin dijadikan kota apa,’’ ungkapnya.

Selain kota hutan, lanjut Jokowi, IKN juga ingin dibangun dengan konsep smart city. Jadi, seluruh aktivitas yang berjalan di sana ditopang oleh teknologi.  

Mantan gubernur Jakarta tersebut juga meminta seluruh kabupaten dan kota bisa mencontoh IKN untuk pembangunan masa depan.

‘’Memang momentumnya pas. Perubahan zaman ini pas, inilah waktunya baik itu teknologi digital dan teknologi lainnya. Sehingga ini akan menjadi livable city, kota yang nyaman untuk ditinggali,’’ ungkapnya.

Jokowi menjelaskan IKN didesain sebagai ibu kota yang mengedepankan unsur estetik. Yakni, membangun puluhan danau atau embung.

‘’Di sini, akan ada kurang lebih 60 danau kecil atau embung. Saya masih menawar ke Pak menteri PU kalau bisa 2 kali, 3 kali lipat bisa lebih baik. Itu bisa kami lakukan dan tidak mahal. APBD punya kemampuan tadi memang harus direncanakan dan didesain jangan seadanya, berikan ke arsitek landscape yang memiliki kemampuan untuk membangun ini,’’ ucapnya.

Jokowi juga berpesan agar pembangunan yang dilaksanakan di IKN jangan sampai membelakangi laut. Dia meminta agar laut dijadikan seperti halaman depan sebuah kota.

Pemerintah juga mengusung tren energi hijau dalam pembangunan IKN. Misalnya, semua kendaraan harus menggunakan kendaraan listrik.

‘’Ke depan, nanti akan jadi tren penggunaan energi hijau, saat ini 100 persen sudah menggunakan energi hijau Kalau ini sudah dimulai, dinyatakan mulai, semua kendaraannya juga harus kendaraan listrik.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: