Disebut Memenuhi Kualifikasi, Bahlil Berpotensi Gantikan Airlangga Jadi Ketum Golkar

Oleh: Panji Septo R
Selasa, 13 Agustus 2024 | 20:14 WIB
Wakil Ketua Umum Partai Golkar Adies Kadir. (BeritaNasional/Satria)
Wakil Ketua Umum Partai Golkar Adies Kadir. (BeritaNasional/Satria)

BeritaNasional.com - Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Golkar, Adies Kadi mengakui bahwa Bahlil Lahadalia memiliki peluang untuk menggantikan Airlangga Hartarto sebagai ketua umum partai, melalui Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub).

Selain Bahlil, Adies juga menyebutkan bahwa Waketum Partai Golkar Bambang Soesatyo (Bamsoet) dan Agus Gumiwang Kartasasmita (AGK) memiliki peluang yang sama.

"Sejak dulu, nama Pak Bahlil, Pak Bamsoet, dan Pak AGK sudah ada dalam pertimbangan," ujar Adies di DPP Partai Golkar, Selasa (13/8/2024).

"Seluruh kader Partai Golkar berhak, asalkan dia pernah lima tahun menjadi pengurus Partai Golkar," tuturnya lebih lanjut.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar Mustafa M Radja  menjelaskan bahwa ada syarat umum dan khusus untuk menjadi ketua umum Partai Golkar.

"Syarat umum dalam pencalonan adalah semua kader diberi ruang. Dalam tata tertib ada ketentuan, namun untuk menjadi ketua umum ada syarat khusus," kata Mustafa.

Mustafa tidak mengungkapkan detail mengenai syarat khusus tersebut. Namun, ia memastikan bahwa Bahlil memenuhi kualifikasi dan dapat menjadi ketua umum tanpa perlu mengubah AD/ART.

"Bisa. (Tanpa ubah AD/ART) Tidak," tegasnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: