Jokowi Anggarkan Rp 400,3 T untuk Infrastruktur, Termasuk Pembangunan IKN

Oleh: Ahda Bayhaqi
Jumat, 16 Agustus 2024 | 16:01 WIB
Presiden Jokowi dalam Sidang Paripurna DPR RI dan Pembacaan Nota Keuangan. (Foto/Humas Parlemen).
Presiden Jokowi dalam Sidang Paripurna DPR RI dan Pembacaan Nota Keuangan. (Foto/Humas Parlemen).

BeritaNasional.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi). mengalokasikan sebesar Rp 400,3 triliun untuk pembangunan infrastruktur dan proyek Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Hal itu dikatakan Jokowi dalam Sidang Paripurna DPR RI dan Pembacaan Nota Keuangan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024).

 “Pembangunan infrastruktur dianggarkan sebesar Rp400,3 triliun. Anggaran tersebut terutama untuk infrastruktur pendidikan dan kesehatan, infrastruktur konektivitas, infrastruktur pangan dan energi, serta keberlanjutan pembangunan IKN,” ujar Jokowi.

Jokowi juga menganggarkan Rp 919,9 triliun untuk transfer ke daerah. Ia bilang hal itu sebagai bentuk meningkatkan sinergi kebijakan fiskal pusat dan daerah, serta harmonisasi belanja pusat dan daerah. 

“Anggaran transfer ke daerah direncanakan sebesar Rp919,9 triliun Rupiah, untuk meningkatkan sinergi kebijakan fiskal pusat dan daerah, harmonisasi belanja pusat dan daerah, serta mengurangi kesenjangan antar- daerah dan memperkokoh kerjasama antar-daerah,” jelas Jokowi.

Ditekankan Jokowi, peningkatan Pendapatan Asli Daerah harus tetap memperhatikan iklim investasi, kemudahan berusaha, dan kesejahteraan masyarakat, serta memperkuat akses dan kualitas layanan publik. 

“Pendapatan negara pada tahun 2025 dirancang sebesar Rp2.996,9 triliun, yang terdiri dari penerimaan perpajakan sebesar Rp2.490,9 triliun dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar Rp505,4 triliun dengan tetap menjaga iklim investasi dan kelestarian lingkungan serta keterjangkauan layanan publik,” tandasnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: