Respons Jokowi karena Megawati dan SBY Tak Hadir Upacara HUT RI di IKN

Oleh: Ahda Bayhaqi
Sabtu, 17 Agustus 2024 | 21:01 WIB
Presiden Jokowi saat memberikan keterangan di Istana IKN. (Foto/YouTube Sekretariat Presiden).
Presiden Jokowi saat memberikan keterangan di Istana IKN. (Foto/YouTube Sekretariat Presiden).

BeritaNasional.com - Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN) tidak dihadiri oleh mantan presiden. Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri dan Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak mengikuti upacara yang digelar oleh negara.

Presiden Joko Widodo memahami absennya Megawati dan SBY. Karena para mantan kepala negara itu ada kegiatan yang sangat penting sehingga tidak bisa hadir upacara HUT Kemerdekaan RI di IKN.

"Ya, karena beliau-beliau kan juga ada kegiatan yang sangat penting di tempat yang berbeda," kata Jokowi di IKN, Sabtu (17/8/2024).

Jokowi menghargai pilihan Megawati dan SBY mengikuti upacara HUT Kemerdekaan RI di tempat lain. Megawati mengikuti upacara yang digelar PDIP di Jakarta, sementara SBY mengikuti upacara HUT RI di Pacitan, Jawa Timur.

"Saya kira kita harus menghargai, karena beliau-beliau juga merayakan hari ulang tahun kemerdekaan di Jakarta, di Pacitan, saya kira merayakan dimanapun sama," kata kepala negara ini.

Jokowi pun bersyukur upacara perdana di IKN berlangsung dengan lancar. Berkat lancarnya acara dan cuaca yang mendukung, peringatan kemerdekaan RI ke-79 bisa berlangsung khidmat.

"Alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar, semuanya berjalan dengan baik, cuaca juga sangat mendukung pas kita istirahat hujan, sehingga suasana sejuk, suasana tidak panas, suasana upacara menjadi sangat khidmat," kata Jokowi

"Pada kesempatan yang baik ini sekali lagi, saya mengucapkan Dirgahayu hari ulang tahun kemerdekaan yang ke-79 untuk seluruh rakyat sebangsa dan setanah air," pungkasnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: