Jokowi Bentuk Badan Gizi Nasional, Ini Tugas dan Fungsinya

Oleh: Ahda Bayhaqi
Sabtu, 17 Agustus 2024 | 21:35 WIB
Presiden Jokowi. (BeritaNasional/Elvis).
Presiden Jokowi. (BeritaNasional/Elvis).

BeritaNasional.com - Presiden Joko Widodo membentuk Badan Gizi Nasional. Pembentukan Badan Gizi Nasional itu berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 83 Tahun 2024 tentang Badan Gizi Nasional.

Perpres itu diteken Jokowi   pada 15 Agustus 2024. Badan Gizi Nasional berada langsung di bawah presiden.

"(1) Dengan Peraturan Presiden ini dibentuk Badan Gizi Nasional. (2) Badan Gizi Nasional merupakan lembaga pemerintah yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada presiden," tulis Pasal 2 Perpres Badan Gizi Nasional dikutip Sabtu (17/8/2024).

Badan Gizi Nasional akan dipimpin oleh seorang kepala badan dan bertugas dalam melaksanakan pemenuhan gizi nasional. 

Badan ini sejalan dengan program Presiden terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto yaitu Makan Bergizi Gratis (MBG).

Dalam Perpres tersebut diatur sasaran pemenuhan gizi dibagi menjadi empat kelompok. Hal ini diatur dalam Pasal 5 Perpres Badan Gizi Nasional.

Empat kelompok itu adalah, peserta didik pada jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah di lingkungan pendidikan umum, pendidikan keagamaan, pendidikan khusus, pendidikan layanan khusus, dan pendidikan pesantren. Selanjutnya, anak usia di bawah lima tahun, ibu hamil, dan ibu menyusui. 

"Perubahan sasaran pemenuhan gizi ditetapkan oleh presiden," bunyi Pasal 5 ayat (2) Perpres Badan Gizi Nasional. 

Perpres ini membuat pelaksanaan tugas dan fungsi kerawanan gizi dialihkan menjadi tugas Badan Gizi Nasional dari sebelumnya dilaksanakan oleh Deputi Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi Badan Pangan Nasional (BPN).

"Pada saat Peraturan Presiden ini mulai berlaku, ketentuan yang mengatur mengenai tugas dan fungsi di bidang kerawanan gizi dalam Peraturan Presiden Nomor 66 Tahun 2021 tentang Badan Pangan Nasional dicabut dan dinyatakan tidak berlaku," tulis Pasal 61. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa program makan siang bergizi gratis dapat meningkatkan gizi anak sekaligus memberdayakan UMKM.

Diketahui program makan bergizi gratis adalah salah satu program andalan presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto. 

“Makan Bergizi Gratis (MBG) diarahkan untuk meningkatkan gizi anak sekaligus memberdayakan UMKM, dan meningkatkan ekonomi masyarakat kecil di daerah,” kata Jokowi dalam Sidang Paripurna DPR RI dan Pembacaan Nota Keuangan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024).

Jokowi juga memastikan program makan bergizi gratis akan masuk dalam anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) tahun anggaran 2025. Namun, akan dilakukan secara bertahap. 

“Program Makan Bergizi Gratis dilakukan secara bertahap, diselaraskan dengan kesiapan teknis dan kelembagaan, serta tata kelola yang akuntabel,” jelas Jokowi.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: