Kompolnas Tunggu Perkembangan Penyelidikan Kasus Vina Cirebon

Oleh: Mufit
Selasa, 20 Agustus 2024 | 16:00 WIB
Kompolnas tunggu perkembangan penyelidikan kasus Vina (Foto/Tribata news)
Kompolnas tunggu perkembangan penyelidikan kasus Vina (Foto/Tribata news)

BeritaNasional.com - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mempertanyakan kinerja Bareskrim Polri yang belum menyampaikan perkembangan penyelidikan laporan pemberian kesaksian palsu oleh Aep dan Dede dalam kasus pembunuhan Vina Cirebon dan Eky. 

"Kompolnas tentu berharap untuk memastikan profesionalitas, transparansi, dan akuntabilitas, penyidik dapat memberikan informasi perkembangan penyelidikannya ke publik yang bukan termasuk informasi yang dikatagorikan rahasia," kata Komisioner Kompolnas Yusuf Warsyim, Selasa (20/8/2024).

Yusuf mengatakan, dalam pantauan Kompolnas, penyelidikan kasus ini tidak terlepas dari adanya hambatan. Dia berharap penyidik dapat mengatasi hambatan-hambatannya dengan baik.

Selain itu, Yusuf menyebut pihak pelapor dan terlapor juga didampingi penasihat hukum masing-masing. Dengan demikian, proses penyelidikan diyakini akan berjalan profesional, transparan, dan akuntabel. Sebab, sama-sama mengawasi.

"Apabila ada unsur dugaan tidak profesional yang dialami terlapor, bagaimanapun terlapor melalui PH-nya akan menyampaikan keluhan untuk mndapatkan perhatian dan pengawasan Kompolnas juga," ujarnya. 

Yusuf mengatakan, semua pihak baik pelapor maupun terlapor di pandang sama dalam pengawasan Kompolnas. Guna memastikan penyelidikan dilakukan secara profesional sesuai yang dirasakan pelapor dan terlapor.

Oleh karena itu, dalam melakukan pengawasan, Kompolnas akan memantau masukan dan pendapat semua pihak baik pelapor maupun terlapor serta saran-saran yang berkembang di publik," pungkasnya.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: