Didukung Seluruh DPD, Bahlil Lahadalia Terpilih secara Aklamasi sebagai Ketum Golkar 2024-2029

Oleh: Ahda Bayhaqi
Selasa, 20 Agustus 2024 | 22:32 WIB
Bahlil Lahadalia (tengah) bersama Bambang Soesatyo dan Agus Gumiwang dalam Rapimnas dan Munas Golkar di JCC, Senayan, Jakarta. (BeritaNasional/Elvis Sendouw)
Bahlil Lahadalia (tengah) bersama Bambang Soesatyo dan Agus Gumiwang dalam Rapimnas dan Munas Golkar di JCC, Senayan, Jakarta. (BeritaNasional/Elvis Sendouw)

BeritaNasional.com - Menteri ESDM Bahlil Lahadalia resmi terpilih sebagai ketua umum Partai Golkar periode 2024-2029. Munas Partai Golkar secara aklamasi mendukung Bahlil sebagai ketua umum (Ketum).

Seluruh DPD tingkat I dan tingkat II Partai Golkar, serta organisasi hasta karya mendukung Bahlil sebagai Ketum.

"Hampir bahkan 100 persen seluruh DPD dan DPD II telah memberikan dukungan kepada Saudara Bahlil, dan kemudian memberikan Bahlil untuk menjadi formatur tunggal," ujar Ketua Pimpinan Sidang Munas Golkar Adies Kadir saat Munas di JCC, Jakarta, Selasa (20/8/2024).

Berdasarkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Partai Golkar, apabila memperoleh dukungan 50 persen plus 1 dari pemegang hak suara, akan langsung dinyatakan sebagai ketua umum atau ketua formatur.

Selanjutnya, Adies mengetuk palu persetujuan menjadikan Bahlil sebagai ketua formatur tunggal.

"Apabila terdapat calon yang memperoleh dukungan 50 persen plus 1, dari pemegang hak suara langsung dinyatakan sebagai ketua umum atau ketua formatur," kata Adies.

"Saya menanyakan apakah disetujui sebagai formatur tunggal?" tanya Adies kepada peserta forum Munas.

"Setuju," jawab seluruh kader Golkar.

Selanjutnya, Adies melaporkan Munas telah menerima laporan pertanggungjawaban DPP Golkar periode 2019-2024. Karena itu, pada rapat ini juga diputuskan DPP Golkar periode 2019-2024 sebagai demisioner.

"Dengan diterimanya laporan pertanggungjawaban DPP partai Golkar yang disampaikan Plt Ketua Umum Bapak Agus Gumiwang Kartasasmita, maka dengan ini kami nyatakan bahwa DPP Partai periode 2019-2024 dinyatakan demisioner," kata Adies.

Pada hari kedua besok (21/8/2024), Munas secara resmi menetapkan Bahlil Lahadalia sebagai ketua umum Golkar periode 2024-2029 serta dengan susunan pengurus Golkar yang akan dibentuk oleh Bahlil.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: