Baru Rilis, Black Myth: Wukong Diklaim Kalahkan Popularitas Cyberpunk 2077

Oleh: Tarmizi Hamdi
Rabu, 21 Agustus 2024 | 02:00 WIB
Gim Black Myth: Wukong. (Foto/Istimewa)
Gim Black Myth: Wukong. (Foto/Istimewa)

BeritaNasional.com - Gim video baru dari China bernama Black Myth: Wukong baru saja dirilis pada Selasa (20/8/2024). 

Dilansir dari laman South China Morning Post, permainan video AAA pertama dari China ini memecahkan rekor sebagai gim yang paling banyak dimainkan pada hari pertama peluncurannya di toko permainan digital Steam.

Hal tersebut menandai sejarah yang besar bagi para pengembang dari China tersebut.

Game action yang dikembangkan oleh studio Game Science yang didukung Tencent Holdings ini terinspirasi oleh novel klasik Tiongkok Journey to the West.

Dalam tiga jam pertama peluncurannya, gim ini mencatat 1,4 juta pemain secara bersamaan, melampaui gim pemain tunggal paling populer di dunia yang dalam beberapa tahun terakhir termasuk hit seperti Cyberpunk 2077, Elden Ring, dan Baldur's Gate 3.

Bukan hanya itu, Black Myth: Wukong menempati posisi ketiga pada daftar Steam untuk jumlah pemain terbanyak sepanjang masa, yaitu mencapai 1,8 juta pada Selasa malam. Jumlah tersebut menyusul PUBG: Battlegrounds dan Palworld.

Alasan terbesar di balik popularitas gim ini adalah adalah China telah lama absen mengembangkan gim berjenis AAA.

Analis gim di CBJ Think Tank mengatakan gim dari penerbit menengah atau besar biasanya memiliki anggaran pengembangan dan pemasaran yang lebih tinggi.

“Sebagai pasar game terbesar di dunia dan (rumah bagi) perusahaan game terkaya [Tencent], tidak ada produk yang benar-benar diakui sebagai game AAA secara global. Hal ini telah menjadi masalah bagi pengembang dan pemain gim Tiongkok. Ini juga alasan mengapa Black Myth: Wukong sangat dinantikan,” kata Zhang.

Zhang sebelumnya memperkirakan bahwa game tersebut harus terjual sebanyak 5 juta kopi agar dapat dianggap sebagai judul AAA domestik yang berkinerja baik, tetapi menaikkan perkiraannya di tengah popularitasnya yang luar biasa. 

"Sekarang saya punya alasan untuk percaya bahwa game ini akan memiliki peluang untuk mencapai 10 juta [volume penjualan]," katanya.

Sebagai perbandingan, Cyberpunk 2077  yang dirilis oleh pengembang game Polandia CD Projekt pada Desember 2020 telah terjual 25 juta kopi hingga Oktober 2023. Elden Ring dari FromSoftware Jepang mencapai volume penjualan yang sama pada Juni tahun ini setelah peluncurannya pada Februari 2022.

Seorang gamer berusia 30 tahun bernama Qian Xuecheng di Shanghai yang telah memainkan sejumlah gim pemain tunggal selama satu dekade menjelaskan dirinya mengambil cuti kerja satu hari agar dapat mulai bermain gim.

“Saya sudah lama menantikan Wukong.Grafisnya bagus, desain karakter yang bagus, adegan pertempuran yang bagus. Meskipun mungkin agak terlalu sulit bagi pemain baru yang belum pernah mencoba game seperti Souls ," katanya.

Feng Ji, pendiri dan CEO Game Science, mengatakan dalam sebuah posting Weibo pada Selasa bahwa timnya membuat game tersebut agar dapat dimainkan oleh gamer baru maupun yang telah berpengalaman.

“Pada tahun terakhir sebelum peluncuran, topik yang paling banyak dibahas antara saya dan para desainer adalah bagaimana meningkatkan fleksibilitas dan toleransi terhadap tingkat kesulitan permainan,” kata Feng, yang merupakan seorang desainer permainan di Tencent sebelum memulai perusahaannya sendiri.

Black Myth: Wukong dapat Anda mainkan di platform PS5, Steam, Epic Games Store, dan Wegame.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: