Maarten Paes Belum Bisa Debut untuk Timnas Indonesia saat Lawan Arab Saudi

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Kamis, 22 Agustus 2024 | 13:05 WIB
Maarten Paes. (Foto/instagram/maartenpaes).
Maarten Paes. (Foto/instagram/maartenpaes).

BeritaNasional.com - Maarten Paes belum bisa menjalani debut bersama Timnas Indonesia saat menghadapi Arab Saudi. Alasannya, karena pendaftaran pemain sudah lewat.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga mengatakan bahwa batas pendaftaran pemain untuk berlaga di Ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada tanggal 5 Agustus. Sedangkan, Paes baru resmi berpindah organisasi pada tanggal 18 Agustus 2024 lalu.

Bisa dipastikan, Paes akan absen saat Indonesia menjamu Arab Saudi dalam matchday pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada tanggal 5 September waktu Arab Saudi atau 6 September waktu Indonesia.

“Ada peraturan AFC mengatakan bahwa kita harus mendaftarkan untuk match pertama kita kan lawan Arab Saudi tanggal 5 Agustus. Sementara prosesnya baru selesai kemarin kan tanggal 18 (Agustus),” ujar Arya dilihat dari Channel YouTube pribadinya, Kamis (22/8/2024).

“Jadi Maarten Paes belum bisa main untuk melawan Arab Saudi,” imbuh dia.

Namun, Arya berujar Paes kemungkinan bisa debut berseragam Timnas Indonesia saat matchday kedua Ronde 3. Dia berpotensi debut saat Indonesia menjamu Australia pada 10 September.

“Nah kapan bisa main? Peraturan AFC berikutnya bahwa untuk match 2 dan sampai match 10 di round 3, itu pendaftaran pemain tujuh hari sebelum pertandingan,” ucap Arya.

“Kita kan lawan Australia tanggal 10 September, berarti batasnya tanggal 3 September. Jadi Maarten Paes kan sudah selesai (proses) kan, berarti kita sudah daftar sejak kemarin kan, berarti udah bisa nih Maarten Paes main untuk lawan Australia karena batas waktu tadi,” jelas Arya.

 sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: