Rapat Paripurna DPR RI Bahas RUU APBN 2025, Sri Mulyani Soroti Tantangan Ekonomi

Oleh: Panji Septo R
Selasa, 27 Agustus 2024 | 11:22 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (BeritaNasional/Tangkapan layar)
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (BeritaNasional/Tangkapan layar)

BeritaNasional.com -  DPR RI menggelar rapat paripurna (Rapur) keempat masa sidang pertama tahun 2024-2025 terkait RUU APBN tahun anggaran 2025 beserta nota keuangannya.

Dalam agenda tunggal yang diselenggarakan di Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, rapat tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua DPR RI dari Fraksi NasDem, Rachmat Gobel.

Rapur itu dihadiri oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani dan 73 anggota DPR RI. Meski demikian, sebanyak 214 anggota izin tidak mengikuti agenda tersebut.

Pada kesempatan itu, Sri Mulyani mengatakan bahwa tantangan Indonesia ke depan akan lebih kompleks dan menyulitkan. Namun, ia juga menyatakan bahwa inflasi pada 2025 diperkirakan akan menurun.

“Mengenai asumsi inflasi sebesar 2,5 persen pada 2025, pemerintah melihat dari faktor global bahwa inflasi cenderung menurun," ujar Sri Mulyani dalam rapat paripurna DPR, Selasa (27/8/2024).

Sri Mulyani menambahkan bahwa hal ini sesuai dengan kondisi yang dilihat pemerintah serta proyeksi dari berbagai lembaga internasional.

Namun demikian, Sri Mulyani mengatakan bahwa pemerintah akan mencari solusi dan menangani jika inflasi terjadi. Salah satunya adalah dengan mengendalikan harga pangan.

“Dengan menyediakan ketersediaan pasokan, peningkatan produksi melalui program ketahanan pangan, dan kelancaran distribusi," ujarnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: