NasDem Ikut KIM Usung Ahmad Luthfi dan Taj Yasin di Pilgub Jawa Tengah

Oleh: Ahda Bayhaqi
Selasa, 27 Agustus 2024 | 18:28 WIB
Ketua Umum NasDem, Surya Paloh. (BeritaNasional/Tangkapan Layar)
Ketua Umum NasDem, Surya Paloh. (BeritaNasional/Tangkapan Layar)

BeritaNasional.com - Partai NasDem menyatakan akan mengusung Ahmad Luthfi dan Taj Yasin sebagai pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jawa Tengah.

Sebelumnya, NasDem sempat memberikan rekomendasi kepada Luthfi-Kaesang, namun belakangan Kaesang terbentur aturan karena tidak memenuhi syarat usia untuk maju sebagai calon wakil gubernur.

"Ya, kita di Jateng dengan Pak Luthfi dan Pak Taj Yasin," kata politikus NasDem, Saan Mustofa, saat ditemui di Kongres NasDem di JCC, Jakarta, Selasa (27/8/2024).

Dengan demikian, NasDem akan bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk mengusung Ahmad Luthfi dan Taj Yasin di Jawa Tengah. Partai yang sudah mendukung Ahmad Luthfi dan Taj Yasin antara lain Gerindra, Golkar, Demokrat, PPP, PSI, dan PAN.

Sementara itu, PDI Perjuangan mengusung kader sendiri di Jawa Tengah, yaitu Andika Perkasa - Hendrar Prihadi (Hendi).

Sebelumnya, Koalisi Indonesia Maju (KIM) telah memutuskan akan mengusung Ahmad Luthfi dan Taj Yasin Maimoen di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah 2025. KIM batal mengusung Kaesang Pangarep sebagai calon wakil gubernur Jawa Tengah.

"Itu kan ada aspirasi-aspirasi dari beberapa usulan. Tapi, keputusannya bukan karena ini, keputusannya karena memang sudah dari mungkin seminggu lebih yang lalu kami putuskan Pak Luthfi dengan Gus Yasin," kata Ketua Harian DPP Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (23/8/2024).

Dasco mengungkapkan bahwa pihaknya memasangkan Luthfi dan Taj Yasin sebelum adanya putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

"Jadi memang, ini jujur ya, sebelum ada putusan JR MK, kami sudah berembuk untuk kemudian akan memasangkan di Jateng itu Pak Luthfi dengan Gus Yasin," kata Wakil Ketua DPR tersebut.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: