Zelensky Ingin Sampaikan Rencana Akhiri Perang Ukraina ke Biden, Harris, dan Trump

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Rabu, 28 Agustus 2024 | 21:00 WIB
Zelensky mau sampaikan rencana akhiri Perang Ukraina (Foto/X Zelenskyy)
Zelensky mau sampaikan rencana akhiri Perang Ukraina (Foto/X Zelenskyy)

BeritaNasional.com - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan, perang Ukraina dengan Rusia akan diakhiri lewat dialog. Namun Kiev harus berada dalam posisi yang kuat.

Zelensky menyampaikan rencana tersebut kepada Presiden AS Joe Biden dan dua calon yang berpotensi menjadi penggantinya sebagai Presiden Ukraina.

“Tidak ada kompromi dengan Putin, dialog hari ini pada prinsipnya tidak ada muatannya dan tidak berarti, karena dia tidak ingin mengakhiri perang secara diplomatis. Dia tidak menginginkannya, dia berpura-pura siap namun dengan syarat memberi 30 persen tanah kami kepadanya,” terang Zelensky.

Menurut Zelensky, serangan Kiev ke Kursk di Rusia, merupakan bagian dari rencana tersebut. Namun sejatinya rencana itu juga mencakup langkah-langkah lain di bidang ekonomi dan diplomatik.

Zelensky mengatakan, ia juga ingin membahas rencana negosiasi damai dengan Rusia dengan Wakil Presiden Kamala Harris, juga dengan Capres AS dari Partai Republik Donald Trump.

Dikutip dari VOA, Zelensky ingin ke Amerika Serikat pada September, untuk menghadiri Sidang Umum PBB di New York. Ia juga mempersiapkan diri untuk bertemu Biden.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: