Daftar ke KPU Jatim, Khofifah-Emil Disematkan Syal Gaja Uling hingga Tari Remo

Oleh: Tarmizi Hamdi
Rabu, 28 Agustus 2024 | 12:57 WIB
Proses penyematan syal oleh petugas KPU kepada paslon Khofifa-Emil. (Foto/Tangkapan Layar)
Proses penyematan syal oleh petugas KPU kepada paslon Khofifa-Emil. (Foto/Tangkapan Layar)

BeritaNasional.com - Bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak telah resmi mendaftar ke KPU pada Rabu (28/8/2024) untuk mengikuti kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2024.

Tiba di KPU Jatim sekitar pukul 09.30 WIB, Khofifah-Emil langsung disambut dengan nuansa alam Jawa Timur.

Khofifah mengatakan dirinya dan Emil disematkan syal gaja uling dari batik Banyuwangi dan suasana Osing. Kemudian, pasangan calon (paslon) ini juga diiringi oleh tari remo khas Jatim.

‘’Kami disambut dengan sensitivitas untuk bisa melihat alam dan budaya Jawa Timur, mulai saya dan Pak Emil diberi syal gaja uling, syal dari batik banyuwangi suasana osing. Kemudian, kami disambut dengan tari remo. Suasana ini  menjadikan Jawa Timur kembali kepada akar budayanya,’’ ungkap Khofifah di gedung KPU Jatim, Surabaya.

Pesta demokrasi seperti ini, lanjut Khofifah, merupakan proses kultur di Jatim. Menurut dia, proses demokrasi tersebut harus dibangun dengan pilar kebahagiaan, kerukunan, dan keguyuban.

‘’Inilah proses kultur yang kami miliki di Jawa Timur, maka yang diusung KPU Jatim adalah seneng bareng. ini adalah suasana yang menjadi catatan kami semua bahwa proses demokrasi harus dibangun dengan pilar kebahagiaan kerukunan dan keguyuban,’’ ucapnya.

Ribuan sukarelawan hingga 15 partai politik (parpol) pengusung ikut mengawal pendaftaran Khofifah-Emil ke KPU.

Sebanyak 15 parpol pengusung Khofifah adalah delapan parpol parlemen: Partai Gerinda, Partai Golkar, Partai Demokrat, PKS, PPP, PAN, PSI, dan NasDem. Tujuh parpol nonparlemen: Perindo, Partai Buruh, Garuda, PBB, PKN, Gelora, dan Prima.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: