Airin-Ade Resmi Daftar Pilgub ke KPU Banten, Paparkan Sejumlah Program Prioritas

Oleh: Tarmizi Hamdi
Kamis, 29 Agustus 2024 | 00:16 WIB
Paslon Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi saat mendaftar Pilgub Banten ke KPU. (Foto/Tangkapan Layar)
Paslon Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi saat mendaftar Pilgub Banten ke KPU. (Foto/Tangkapan Layar)

BeritaNasional.com - Pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur Banten Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi resmi mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banten, Kota Serang, Rabu (28/8).

Dalam konferensi pers usai pendaftaran, Airin memaparkan sejumlah program prioritas, mulai bidang pendidikan hingga infrastruktur di provinsi itu.

"Pertama adalah pendidikan, khususnya SMA, kan tanggung jawab kita. Maka kita akan membangun sekolah baru, menambah ruang kelas dengan prinsip tidak boleh mematikan sekolah swasta," ujarnya yang dikutip dari laman Antara.

Airin bakal menciptakan program beasiswa bagi setiap siswa yang berdomisili di Banten untuk masuk sekolah swasta.

Menurut mantan Wali Kota Tangerang Selatan dua periode ini, program biaya subsidi pendidikan ini membantu peserta didik yang tidak bisa sekolah negeri akibat sistem zonasi dan lain sebagainya. 

Selain itu, menghadirkan program beasiswa bagi penghafal Al Quran untuk sekolah di perguruan tinggi, serta perbaikan infrastruktur dan sarana prasarana pendidikan.

Airin-Ade juga menyoroti pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang tidak sesuai dengan apa yang dibutuhkan lapangan kerja.

Karena itu, Airin ingin memaksimalkan Balai Latihan Kerja, bekerja sama dengan dunia usaha dan mendorong transparansi terhadap penerimaan lapangan kerja.

"Kemarin dari Partai Buruh menyampaikan kepada saya bahwa fungsi pengawasan itu ada di gubernur dengan PPNS (Penyidik Pegawai Negeri Sipil). Maka kita akan terbuka transparan, seperti saya melakukan reformasi pelayanan Dukcapil, sama hal juga dengan pembukaan lapangan kerja," ujar Airin.

Ia juga menyebut tentang bantuan dari bidang kesehatan dan sarana prasarananya, infrastruktur yang dilakukan sesuai kebutuhan masing-masing wilayah, penciptaan lapangan kerja dan reformasi birokrasi.

"Yang pasti tidak boleh bertentangan dengan RPJPD (Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah) yang sudah disusun hari ini. Makanya tadi kenapa KPU minta kita tanda tangan untuk penyusunan visi dan misi bagi kami para pasangan calon," kata dia.

Pasangan Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi didukung sejumlah partai di antaranya PDIP, Golkar, PBB, PKN, Partai Buruh, Partai Ummat dan Gelora.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten Mohamad Ihsan mengatakan pendaftaran peserta Pilkada pada pasangan calon tersebut sudah diterima untuk selanjutnya diberi surat pengantar tes kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banten, Serang.

"Alhamdulillah, kami telah menerima pendaftaran pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Bu Airin dan Pak Ade. Tadi sudah kita terima dokumennya dan dinyatakan lengkap. Selanjutnya ada proses tahapan pemeriksaan kesehatan yang nanti akan dilaksanakan di RSUD Provinsi Banten," ujar Ihsan.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: