Transjakarta Gandeng UI Hadirkan Pusat Kesehatan Pertama di Halte

Oleh: Tarmizi Hamdi
Kamis, 29 Agustus 2024 | 03:09 WIB
Transjakarta bakal menghadirkan pusat kesehatan di halte. (Foto/PT TJ)
Transjakarta bakal menghadirkan pusat kesehatan di halte. (Foto/PT TJ)

BeritaNasional.com - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) bakal meluncurkan fasilitas baru pusat kesehatan (health center) di halte dan sistem pembayaran digital tiket aplikasi TJ: Transjakarta.

Transjakarta juga bekerja sama dengan Universitas Indonesia (UI) untuk menghadirkan fasilitas tersebut.

Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta), Welfizon Yuza menyampaikan, kerja sama ini dilakukan dengan pendekatan value for value. Ia menjelaskan, salah satu bentuk kerja sama yang akan dilakukan dalam waktu dekat adalah menjadikan Halte Thamrin sebagai halte percontohan pertama yang akan dibangun health center dengan fokusnya kesehatan mental (mental health).

“Jadi menawarkan nilai, nanti mendapatkan keuntungan finansial dan keuntungan itu akan dikembalikan kepada pelanggan. Transjakarta jadi salah satu contoh social enterprise di mana keuntungannya akan kita kembalikan berupa benefit kepada pelanggan,” kata Welfizon.

Ia mengatakan, kerja sama lainnya yang juga dilakukan yakni merambah dunia digital. Sebagai terobosan awal adalah sistem payment pada aplikasi TJ: Transjakarta.

“Nanti akan hadir pembayaran Tije Pay yang rencananya akan diluncurkan pada September 2024 mendatang,” ucapnya.

Wakil Rektor Bidang Aset dan SDM Universitas Indonesia, Dedi Priadi berharap kerja sama ini bisa menghadirkan dampak positif yang berkelanjutan sesuai dengan program Transjakarta Bersih, Berdaya, Bestari.

"Selain mengembangkan ekosistem riset kita, diharapkan juga meningkatkan kualitas hidup masyarakat Jakarta. Sinergi ini akan mendorong nilai korporasi yang positif dan memberikan dampak langsung untuk target pembangunan yang berkelanjutan," tandasnya.

Kepala Badan Pembinaan BUMD DKI Jakarta Nasrudin Djoko Surjono mengatakan terobosan ini dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada pelanggan Transjakarta. Ia berharap inovasi besar itu mampu meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat, khususnya dalam bidang kesehatan.

“Kami dari Pemprov DKI sangat antusias karena terobosan yang dilakukan oleh Pak Dirut (Transjakarta) memang out of the box. Jadi beyond ekspektasi saya, biasanya kan hanya transportasi bus. Kami harap kerja sama ini langkah maju dalam komitmen memberikan manfaat besar bagi kebutuhan transportasi dan gaya hidup di Jakarta,” ujar Nasruddin di Halte Tosari, Jakarta Pusat, Rabu (28/8).sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: