Siap Bertarung, Inilah 3 Perempuan yang Jadi Calon Gubernur Jatim 2024

Oleh: Tarmizi Hamdi
Jumat, 30 Agustus 2024 | 15:00 WIB
Logo Pilkada 2024. (Foto/KPU)
Logo Pilkada 2024. (Foto/KPU)

BeritaNasional.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan tiga pasangan calon (paslon) yang akan bertanding di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2024. 

Yakni, Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak, Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim, dan Tri Rismaharini-Zahrul Azhar Asumta.

Uniknya, tiga calon gubernur Jatim 2024 ini seluruhnya merupakan perempuan, Khofifah, Luluk, dan Tri Risma.

Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak

Yang mendaftar pertama di KPU Jatim adalah paslon Khofifah-Emil. Mereka resmi mendaftar ke KPU pada Rabu (28/8/2024) dan dokumen pendaftarannya dinyatakan lengkap dan diterima untuk mengikuti Pilgub Jawa Timur 2024.

Dalam keterangan persnya di KPU, Khofifah mengusung sembilan program prioritas yang disebut sebagai nawabakti satya 2 yang menjadi komitmen perjalanan mereka membangun Jatim lima tahun ke depan.

Di antaranya, Jatim cerdas, Jatim sehat, Jatim berkah amanah, Jatim harmoni. Jatim Lestari, dan Jatim akses.

‘’Dari visi-misi itu, kami berharap bisa memberikan kemakmuran, keadilan, dan keunggulan SDM Jawa Timur untuk menyambut Indonesia emas 2024,’’ ungkapnya.

Diketahui, ada 15 parpol pengusung Khofifah adalah delapan parpol parlemen: Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Demokrat, PKS, PPP, PAN, PSI, dan NasDem. Tujuh parpol nonparlemen: Perindo, Partai Buruh, Garuda, PBB, PKN, Gelora, dan Prima.

Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim

Paslon Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim mendaftar ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim dengan diiringi kebudayaan Madura.

Pasangan yang menyebut dirinya "Luman" ini datang ke KPU Jawa Timur, Surabaya, Kamis malam, dengan dikawal ribuan relawan serta kader PKB, sekitar pukul 21.30 WIB.

Luluk Nur Hamidah menegaskan bahwa wilayah Jawa Timur membutuhkan kepemimpinan transformatif yang mampu mendengar suara-suara rakyat, bahkan suara-suara yang tidak bisa didengar telinga pemimpin selama ini.

"Butuh sebuah kepemimpinan yang membuka hati, yang membuka jiwa dan lapang dada. sebuah kepemimpinan yang tidak hanya mengklaim kebenaran tunggal," ucapnya yang dikutip dari Antara pada Kamis (30/8/2024).

Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Hakim diketahui diusung parpol pemenang Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024, yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Tri Rismaharini-Zahrul Azhar Asumta

Paslon Tri Rismaharini-Zahrul Azhar Asumta (Gus Hans) juga telah resmi mendaftar ke KPU untuk ikut Pilgub Jawa Timur 2024. 

Risma dan Gus Hans tiba di sekitar Kantor KPU Jatim pukul 19.30 WIB. Keduanya menggunakan setelan baju warna putih dan secara bersamaan naik becak. 

Kesenian tradisional juga turut mengantarkan pasangan yang diusung dua partai politik, PDI Perjuangan dan Partai Hanura.

Pasangan Tri Rismaharini-Zahrul Azhar Asumta yang diusung PDIP akan melawan pasangan petahana Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak dan Luluk-Lukmanul. Sebagai langkah mengantongi suara masyarakat, pasangan Risma-Gus Han mengusung slogan "resik-resik Jatim".sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: