Anies Bantah Sebarkan Formulir dan Minta Sumbangan Terkait Pembentukan Partai dan Ormas

Oleh: Panji Septo R
Sabtu, 31 Agustus 2024 | 16:45 WIB
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membantah menyebarkan formulir pendaftaran hingga meminta sumbangan terkait partai dan ormas yang bakal dibentuk.

“Saya ingin tegaskan itu semua bukan dari saya dan kami tidak pernah mengedarkan apa pun juga,” ujar Anies dalam akun X-nya pada Sabtu (31/8/2024).

Dalam formulir pendaftaran itu, ada pula QR Code dan nomor rekening yang beredar mengatasnamakan dirinya.

“Ada yang diminta untuk menyumbang, ada yang minta untuk mendaftar terkait dengan partai dan ormas,” tuturnya.

Anies memahami antusiasme publik tersebut. Namun, dia menegaskan semua pihak harus kritis dan hati-hati agar tidak tertipu.

“Saya paham antusiasme itu luar biasa besar, tapi harap hati-hati harap kritis dan sampai dengan hari ini, belum ada formulir apa pun, belum ada edaran apa pun begitu ya,” katanya.

Sebelumnya, Anies mempertimbangkan membentuk partai baru. Perimbangan tersebut dibeberkan setelah batal maju di Pilkada 2024.

"Jadi, kami lihat saja ke depan apakah lalu akan buat partai politik baru,” ujar Anies dalam YouTube-nya pada Jumat (30/8/2024).

Dia mengatakan hal tersebut dipertimbangkan lantaran banyak semangat perubahan yang makin terasa besar dan menjadi sebuah kekuatan diperlukan menjadi gerakan.

"Maka, membangun ormas atau membangun partai baru mungkin itu jalan yang akan kami tempuh," ucapnya.

Anies berharap pembentukan partai atau ormas itu bisa segera diwujudkan ke depan sebagai wadah gerakan yang menginginkan demokrasi Indonesia lebih sehat. 

"Kami lihat sama-sama ke depan semoga tidak terlalu lama lagi kita bisa mewujudkan langkah-langkah konkret untuk bisa mewadahi gerakan yang sekarang ini makin hari makin membesar,” ujarnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: