Paus Fransiskus Kunjungi Jokowi di Istana Negara, Disambut Anak-anak Berpakaian Adat

Oleh: Tim Redaksi
Rabu, 04 September 2024 | 10:18 WIB
Paus Fransiskus bersama Presiden Jokowi (kanan) di Istana Negara Jakarta. (BeritaNasional/tangkapan layar)
Paus Fransiskus bersama Presiden Jokowi (kanan) di Istana Negara Jakarta. (BeritaNasional/tangkapan layar)

BeritaNasional.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut pemimpin umat Katolik dunia Paus Fransiskus di Istana Merdeka, Jakarta, dengan upacara kenegaraan di Istana Negara Jakarta pada Rabu (4/9/2024).

Berdasarkan pantauan YouTube Setpres, terlihat mobil Innova Zenix putih dengan bendera Merah Putih dan Vatikan yang ditumpangi Paus tiba di Istana Merdeka sekitar pukul 9.30 WIB. 

Paus Fransiskus disambut oleh tabuhan marching band dan pasukan berkuda untuk menuju gerbang Istana Negara.

Setelah memasuki area Kompleks Istana Negara, Paus Fransiskus pun disambut oleh anak-anak berpakaian adat dengan membawa bendera Merah Putih.

Dilansir dari Antara, Jokowi bersama Presiden Terpilih Prabowo Subianto, serta sejumlah menteri kabinet, di antaranya Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas turut menambut Paus di Istana Merdeka.

Kemudian dilaksanakan upacara kenegaraan untuk menyambut Pemimpin Takhta Suci Vatikan tersebut.

Diketahui, Paus Fransiskus melakukan perjalanan apostolik ke Asia Pasifik pada September 2024. Ada empat negara yang bakal dikunjungi, meliputi Indonesia, Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura.

Indonesia menjadi negara pertama yang dikunjungi pada 3-6 September 2024 dan kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia ini merupakan ketiga kalinya, setelah Paus Paulus VI pada tahun 1970 dan kunjungan Paus Yohanes Paulus II pada tahun 1989.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: