Momen Jokowi Kenalkan Prabowo ke Paus Fransiskus

Oleh: Lydia Fransisca
Rabu, 04 September 2024 | 10:46 WIB
Momen Jokowi Kenakan Prabowo ke Paus Fransiskus. (Foto/YouTube Sekretariat Presiden).
Momen Jokowi Kenakan Prabowo ke Paus Fransiskus. (Foto/YouTube Sekretariat Presiden).

BeritaNasional.com - Terdapat momen menarik saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenalkan Menteri Pertahanan sekaligus Presiden terpilih Prabowo Subianto ke Petinggi Gereja Katolik sedunia, Paus Fransiskus.

Diketahui, pada hari ini Paus Fransiskus menyambangi Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (4/9/2024). Ini merupakan salah satu rangkaian yang dilakukannya kunjungan ke Indonesia.

Mulanya, saat tiba di Istana Negara, Paus disambut dengan upacara kenegaraan. Setelah itu, dia pun memperkenalkan sejumlah menterinya yang ikut dalam upacara penyambutan Paus Fransiskus.

Menteri pertama yang dikenalkan adalah Menhan Prabowo. Setelah itu, dilanjutkan dengan Menlu Retno Marsudi, Menko PMK Muhadjir Effendy, Seskab Pramono Anung, Mensesneg Pratikno, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas hingga panitia kedatangan Paus Fransiskus Ignasius Jonan.

Setelah perkenalan, mereka pun masuk ke dalam Istana Negara dan Paus Fransiskus mengisi buku tamu yang ada di sana yang merupakan jadi salah satu tradisi.

Sebelumnya, petinggi Gereja Katolik sedunia, Paus Fransiskus sudah tiba di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (4/9/2024). Dia pun disambut langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Paus datang ke Istana Negara menggunakan mobil Innova Venturer berwarna putih. Dia duduk di bagian depan dan melambaikan tangan kepada warga yang sudah menantinya di sekitaran Istana Negara.

Setelah itu, rombongan yang membawa Paus masuk ke dalam Istana. Saat di sana, dia sudah disambut oleh sejumlah anak-anak kecil yang berpakaian adat dengan membawa bendera merah putih dan bendera vatikan.

Setelah itu, menggunakan kursi roda Paus turun dari mobil yang membawanya. Lalu sudah ada Presiden Jokowi yang mengenakan jas hitam menyambanginya dan bersalaman.

Jokowi nampak tersenyum saat menyapa dan menyalami Paus Fransiskus. Kemudian, Jokowi mengajak Paus ke halaman Istana Negara dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju menyambut kedatangan Paus.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: