Ridwan Kamil Terangkan Konsep Kampung Wisata yang Ingin Diterapkan di Setu Babakan

Oleh: Ahda Bayhaqi
Rabu, 04 September 2024 | 14:40 WIB
Bacagub Jakarta Ridwan Kamil bersama mantan gubernur Fauzi Bowo saat berkunjung ke Setu Babakan. (BeritaNasional/Elvis)
Bacagub Jakarta Ridwan Kamil bersama mantan gubernur Fauzi Bowo saat berkunjung ke Setu Babakan. (BeritaNasional/Elvis)

BeritaNasional.com - Bakal calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil ingin membuat kampung wisata di Jakarta. Jadi, wisatawan bisa menginap di rumah warga.

"Kalau kampungnya kita tata menjadi kampung destinasi, maka wisatawan itu senang berinteraksi dengan warga kampung. Pada saat dia jatuh cinta di kampung itu dengan suasananya ada pilihan balik lagi nginep di hotel biasa atau nginep di homestay," kata Ridwan Kamil di Setu Babakan, Jakarta, Rabu (4/9/2024).

Dia akan menerapkan apa yang pernah dilakukannya ketika menjadi gubernur Jawa Barat. Contohnya, penerapan Kampung Kuningan yang harga menginap di rumah warga Rp 300 ribu. Kelebihannya, wisatawan bisa juga mengobrol dengan pemilik rumah.

"Saya pernah melakukan itu di Kampung Kuningan kan sudah ada di booking.com, kan Rp 300 ribu kira-kira begitu. Di sini, nanti menyesuaikan. Kelebihannya apa, malamnya ngobrol sama pemilik rumah, paginya ngobrol sama pemilik rumah kan, mungkin tahun depannya ngelamar anaknya," katanya.

Tujuan Ridwan Kamil menerapkan kampung wisata ini untuk memberdayakan masyarakat setempat.

"Poin saya yaitu kembali ke sila kelima, yaitu ekonomi Jakarta jangan hanya dimiliki oleh konglomerasi korporasi, tapi warga kampung juga asal negaranya hadir mengelola pariwisata kampung, potensi ekonomi homestay menginap di kampung," katanya.

Konsep ini ingin diterapkan Ridwan Kamil di Setu Babakan sebagai kampung wisata Betawi.

"Nah, mungkin ini salah satu proyek pertama di Babakan ini bisa jadi homestay kampung wisata Betawi," katanya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: