Paus Fransiskus Ingin Salami Satu per Satu Masyarakat Indonesia yang Sambut Kedatangannya

Oleh: Lydia Fransisca
Rabu, 04 September 2024 | 18:30 WIB
Paus Fransiskus ingin menyalami semua orang (Foto/Vatican News)
Paus Fransiskus ingin menyalami semua orang (Foto/Vatican News)

BeritaNasional.com - Paus Fransiskus disebut ingin menyalami semua masyarakat yang antusias menyambutnya dalam perjalanan apostolik di Indonesia.

Uskup Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo mengatakan, hal itu terlihat saat Paus meminta untuk memperlambat laju mobilnya dan membuka kaca untuk melambai-lambaikan tangan.

"Kalau melihat ya, mobilnya kan disuruh minggir itu, tidak berjalan di tengah lurus kan. Paus minta supaya pengemudinya meminggirkan mobilnya, Paus membuka, memelankan kecepatan dan melambai-lambaikan, itu tanda apa? Tanda bahwa beliau ingin sebetulnya bersalaman dengan semua yang ada di situ," kata Kardinal Suharyo kepada wartawan di Gereja Katedral, Rabu (4/9/2024).

Tak hanya bersalaman, Paus disebut juga mungkin ingin memeluk masing-masing warga. Sayangnya, hal itu tak dapat dilakukan.

"Tapi kan tidak bisa. Jadi betapa cinta kasih Bapak Suci Fransiskus untuk siapapun dan kalau bisa dipeluk orang-orangnya di sana," ujar Kardinal Suharyo.

Tak hanya itu, Paus Fransiskus sangat bangga dan kagum dengan antusiasme masyarakat Indonesia yang menyambut kedatangannya sejak Selasa (3/9/2024) lalu.

"Sejak kemarin sampai tadi siang, yang selalu bersama-sama dengan Paus Fransiskus selalu mengirim berita kepada saya bahwa rombongan Vatikan sangat bangga, sangat gembira, dan sangat kagum," kata Kardinal Suharyo.

"Tadi Uskup yang di sebelah saya juga mengatakan hal yang sama dan bukan hanya rombongan vatikan disebut secara khusus, Paus Fransiskus merasa sangat bahagia tinggal, datang, berkunjung ke negara kita," tambah Kardinal Suharyo.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: