Ridwan Kamil Bakal Terapkan Sila Kelima untuk Warga Tergusur JIS

Oleh: Panji Septo R
Rabu, 04 September 2024 | 15:45 WIB
Calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil (RK) menghadiri acara Haul Akbar Mbah Priok, (BeritaNasional/dok tim RK/Elvis Sendouw)
Calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil (RK) menghadiri acara Haul Akbar Mbah Priok, (BeritaNasional/dok tim RK/Elvis Sendouw)

BeritaNasional.com - Bakal calon gubernur DKI Jakarta 2024 Ridwan Kamil (RK) bakal menerapkan sila kelima Pancasila, yakni keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, untuk menangani korban penggusuran Jakarta International Stadium (JIS).

Dia mengaku tak akan menyelesaikan spesifik satu permasalahan saja terkait korban penggusuran yang tidak bisa menempati Rusun Kampung Bayam.

Menurut dia, negara bakal hadir untuk rakyat kecil baik untuk warga yang terkena gusuran JIS maupun di tempat lain.

"Poinnya, saya enggak bisa spesifik satu permasalahan, ya, tujuannya sila kelima keadilan sosial," ujar RK di Jagakarsa pada Rabu (4/9/2024).

RK menegaskan keadilan sosial yang termaktub dalam sila kelima bertujuan memfasilitasi semua masyarakat menengah ke bawah maupun menengah ke atas.

"Nanti, diturunkan kepada pola-pola. Saya juga pernah melakukan hal yang sama. Waktu jadi wali kota (Bandung). Yang penting rakyat Jakarta punya rumah, tempat berteduh," tuturnya.

Dia bakal memfasilitasi masyarakat yang tergusur dari JIS. Meski demikian, dia belum bisa menentukan apakah mereka bakal menetap atau pindah dari lokasi tersebut.

"Masalahnya, tetap di situ atau geser sedikit atau pindah, yang penting mereka berhak tinggal di kota dengan nyaman aman. Kami carikan solusinya," katanya.

Ke depan, RK bakal mempelajari persoalan Kampung Bayam tersebut. Dia meyakini kemampuannya dalam cepat belajar bisa segera menyelesaikan permasalahan itu.

"Karena saya baru, saya akan pelajari Kampung Bayam ini itu, ini itu, percayalah saya cepat belajar. Nanti, kami ada sesi khusus kepada spesifik isunya," ucapnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: