Parah, Nota Diplomatik dari China ke Malaysia Bocor

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Kamis, 05 September 2024 | 17:30 WIB
Nota diplomatik antara China-Malaysia bocor (Foto/Freepik)
Nota diplomatik antara China-Malaysia bocor (Foto/Freepik)

BeritaNasional.com - Kementerian Luar Negeri Malaysia melakukan penyelidikan internal. Malaysia juga akan membuat laporan polisi terkait bocornya informasi nota diplomatik dari China ke Malaysia.

Menurut Kementerian Luar Negeri Malaysia, sebuah artikel telah diterbitkan portal media Filipina berkaitan dengan nota diplomatik Kementerian Luar Negeri China yang ditujukan kepada Kedutaan Besar Malaysia di Beijing pada 18 Februari 2024.

Kemenlu Malaysia mengatakan, mereka akan menanggapi serius masalah bocornya dokumen yang menjadi saluran komunikasi resmi dua negara ke publik. Malaysia juga melakukan penyelidikan internal atas kebocoran informasi rahasia itu. 

Kemenlu Malaysia menyatakan, Malaysia dan China selama ini punya hubungan yang erat dan aktif. Kedua negara merupakan Mitra Strategis Komprehensif dan selalu mengambil inisiatif-inisiatif baru guna memperkuat kemitraan keduanya.

Terkait permasalahan Laut Cina Selatan, baik China dan Malaysia berkomitmen untuk menyelesaikan permasalahan apapun secara damai. Masalah Laut China Selatan diatasi lewat konsultasi dan dialog. Selain itu juga menghindari konflik atau kekerasan.

Malaysia juga berkomitmen akan terus melakukan negosiasi antara negara-negara ASEAN dan China untuk menyelesaikan Kode Etik di Laut Cina Selatan (COC) yang substantif dan efektif serta sejalan dengan ketentuan UNCLOS 1982.

Dikutip dari Antara, dalam laporannya Agustus lalu, media The Philippine Daily Inquirer mengunggah dokumen yang diklaim dari Kementerian Luar Negeri China. Laporan itu juga menyebutkan China mendesak Malaysia untuk menghentikan aktivitas proyek eksplorasi minyak dan gas di perairan Sarawak.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: