RK Sebut Pemimpin Harus Berkarya untuk Bangsa seperti Bung Karno

Oleh: Lydia Fransisca
Jumat, 06 September 2024 | 11:00 WIB
RK sebut pemimpin harus berkarya untuk bangsa (Beritanasional/Panji)
RK sebut pemimpin harus berkarya untuk bangsa (Beritanasional/Panji)

BeritaNasional.com - Bakal Calon Gubernur Jakarta dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus Ridwan Kamil memberikan pesan kepemimpinan kepada para mahasiswa di Institut Bisnis dan Informatika Kosgoro 1957 kemarin.

Dalam kesempatan itu, RK mengatakan, seorang pemimpin harus meninggalkan warisan karya yang membuat warganya bangga. Dia pun mencontohkan Presiden Soekarno yang telah membangun Monas dan GBK.

"Para pendiri bangsa seperti Bung Karno membuat Monas di Jakarta. Kemudian, Masjid Istiqlal dan Stadion GBK di Jakarta. Dari pembangunan infrastruktur ini Bung Karno ingin memperkuat kepercayaan diri bangsa yang saat itu belum lama merdeka," kata Ridwan Kamil, dalam kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun Akademik 2024/2025, di Auditorium IBI Kosgoro 1957.

RK pun berpesan agar para mahasiswa membuka kesempatan seluas-luasnya untuk memajukan diri sendiri, orang di sekitar, hingga berkontribusi pada bangsa dan negara. 

"Allah itu memberikan kita kehidupan yang multi dimensi. Saya pernah menjadi dosen di ITB, lalu menjadi Gubernur di Jawa Barat. Saya juga arsitek, aktivis sosial dan pelaku industri kreatif. Jadi hidup kamu itu jangan hanya satu dimensi," ujar RK.

Lebih lanjut, RK menyinggung soal kepemimpinan di era digital. RK menekankan bahwa teknologi akan menjadi pilar utama pembangunan di era digital dan setiap kehidupan manusia akan melibatkan teknologi.

Oleh karena itu, dia berharap setiap mahasiswa harus membekali diri dengan kemampuan digital untuk menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang di era digital. 

"Kampus menjadi sarana yang tepat untuk menyiapkan diri, meningkatkan keterampilan digital untuk membawa negara ini ke masa depan yang lebih baik," tandasnya.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: