Nurul Ghufron Siap Hadapi Sidang Etik Dewas KPK

Oleh: Panji Septo R
Jumat, 06 September 2024 | 08:00 WIB
Nurul Ghufron siap hadapi sidang etik Dewas KPK (Beritanasional/Oke Atmaja)
Nurul Ghufron siap hadapi sidang etik Dewas KPK (Beritanasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron mengaku sudah siap menghadapi sidang etik yang bakal digelar Dewas KPK hari ini, Jumat (6/9/2024).

Sidang etik tersebut berkaitan dengan penyalahgunaan kekuasaan Ghufron dalam membantu seorang anak dari kawannya yang merupakan ASN Kementan untuk mutasi.

"Kami itu siap dan saya sudah menerima undangan dan insyaallah hadir pada sidang besok," ujar Ghufron kepada wartawan di Serang, Banten dikutip Jumat (6/9/2024).

Menurut Ghufron, Dewas KPK sebagai bagian dari struktur yang telah ditata dalam undang-undang lembaga antirasuah. Oleh sebab itu, ia akan menghormati apa pun hasil sidang tersebut.

"Maka apa pun hasilnya, saya hormati," tuturnya.

Sebelumnya, Anggota Dewas KPK Syamsudin Haris menegaskan bakal tetap menggelar sidang putusan meski Ghufron tidak hadir.

"Pak NG (Nurul Ghufron) hadir atau tidak hadir, sidang pembacaan putusan dugaan pelanggaran etik bagi yang bersangkutan jalan terus," ujar Syamsudin.

Hal itu turut dihormati KPK mengingat putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) tidak menerima gugatan Ghufron.

Menurut Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika, pihaknya menghormati putusan tersebut karena Dewas KPK bakal melanjutkan sidang besok.

"KPK menghormati putusan tersebut. Informasi terakhir yang kami terima, Dewas akan melakukan sidang kembali Jumat pukul 2 siang,” ujar Tessa.

Tessa meminta semua pihak menunggu hasil putusan tersebut untuk mengetahui hal apa yang bakal diputuskan Dewas KPK terhadap Ghufron.

“Untuk itu, nanti kita tunggu saja sama-sama apa hasil dari putusan Dewan Pengawas tersebut," tuturnya
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: