Polri Siapkan 1.165 Personel untuk Pengamanan Kepulangan Paus Fransiskus

Oleh: Tim Redaksi
Jumat, 06 September 2024 | 08:42 WIB
Momen Paus Fransiskus saat kunjungi Indonesia. (BeritaNasional/Doc. Indonesia Papal Visa Committee)
Momen Paus Fransiskus saat kunjungi Indonesia. (BeritaNasional/Doc. Indonesia Papal Visa Committee)

BeritaNasional.com -  Sebanyak 1.165 personel gabungan telah dikerahkan untuk mengawal kepulangan Paus Fransiskus dari Indonesia setelah kunjungannya yang dimulai pada 3 September lalu. Personel ini berasal dari berbagai instansi, termasuk Polda Metro Jaya, Kodam Jaya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, serta pihak-pihak terkait lainnya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi, menjelaskan bahwa ribuan personel tersebut ditempatkan mulai dari Kedutaan Besar Vatikan, tempat Paus Fransiskus menginap, hingga di Bandara Soekarno-Hatta.

“Pengamanan ruang VIP di terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta melibatkan 672 personel, sementara rute kepulangan dari Kedutaan Besar Vatikan ke Bandara diawal oleh 493 personel,” ujar Ade Ary dalam pernyataannya yang tertulis pada Jumat (6/9/2024).

Ade Ary menambahkan bahwa pengamanan kepulangan Paus Fransiskus dilakukan secara terpadu dengan menitikberatkan pada tindakan preemptif, preventif, serta penegakan hukum.

“Pengaturan lalu lintas disesuaikan secara situasional berdasarkan kondisi di lapangan,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ade Ary juga menyampaikan beberapa imbauan terkait pengamanan kepulangan Paus Fransiskus. Pertama, kepada masyarakat pengguna jalan untuk menghindari area yang akan dilewati Paus dari Kedutaan Besar Vatikan menuju Bandara Soekarno-Hatta.

“Gunakan jalur alternatif untuk mengurangi kemacetan lalu lintas,” imbaunya.

Kedua, kepada semua pihak diharapkan untuk menjaga keamanan dan ketertiban agar kepulangan Paus dapat berlangsung dengan aman dan tertib.

Ketiga, kepada masyarakat yang akan menyaksikan kepulangan Paus, diminta untuk tetap waspada dalam menjaga barang bawaan dan perhiasan agar tidak menjadi sasaran tindak kejahatan.

“Bagi petugas yang bertugas mengamankan, diharapkan untuk menerapkan tindakan yang humanis,” pungkas Ade Ary.

Sebagai catatan, menurut agenda resmi, Paus Fransiskus dijadwalkan berangkat dari Kedutaan Besar Vatikan menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada pukul 09.15 WIB. 

Sesampainya di bandara, rombongan Paus dan para pengikutnya akan menaiki pesawat Garuda pada pukul 09.45 WIB, melanjutkan perjalanan menuju Papua Nugini sebagai tujuan berikutnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: