Presiden Jokowi Resmikan Flyover Djuanda dan Infrastruktur Utama di Jawa Timur

Oleh: Imantoko Kurniadi
Jumat, 06 September 2024 | 14:00 WIB
Presiden Jokwo Widodo saat resmikan sejumlah infrastruktur di Provinsi Jawa Timur, Jumat (06/09/2024) pagi. (BeritaNasional/YouTube BMPI Setpres)
Presiden Jokwo Widodo saat resmikan sejumlah infrastruktur di Provinsi Jawa Timur, Jumat (06/09/2024) pagi. (BeritaNasional/YouTube BMPI Setpres)

BeritaNasional.com -  Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) meresmikan berbagai infrastruktur di Provinsi Jawa Timur, termasuk Flyover Djuanda, sembilan jembatan Callender Hamilton, dan sebelas ruas jalan daerah.

Pada Jumat pagi (6/9/2024), Presiden mengungkapkan bahwa Flyover Djuanda yang mulai dibangun pada 2022 dengan anggaran sebesar Rp 363 miliar, merupakan salah satu proyek yang diresmikan di Sidoarjo, Jawa Timur.

Selain itu, Presiden juga meresmikan penggantian sembilan jembatan Callender Hamilton yang sepanjang 797 meter, dengan total biaya Rp 1,4 triliun. Jembatan-jembatan ini tersebar di delapan kabupaten/kota di Jawa Timur, yakni Kota Kediri, Kota Blitar, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Bojonegoro, Kota Jember, dan Kabupaten Banyuwangi.

Proyek lainnya yang diresmikan adalah sebelas ruas jalan sepanjang 66 kilometer, dengan anggaran Rp 379 miliar. Jalan-jalan ini ditangani melalui Instruksi Presiden (Inpres) dan tersebar di delapan kabupaten/kota, yaitu Kabupaten Pamekasan, Sampang, Sumenep, Pasuruan, Jombang, Gresik, Lamongan, dan Sidoarjo.

Presiden menjelaskan bahwa pembangunan infrastruktur ini bertujuan untuk meningkatkan konektivitas dan mobilitas, serta mengurangi biaya logistik. “Kami terus membangun dan memperbaiki infrastruktur di berbagai daerah agar konektivitas semakin baik, aktivitas masyarakat lebih lancar, dan biaya logistik menjadi lebih efisien,” tambahnya.

Presiden juga percaya bahwa infrastruktur yang diresmikan ini akan berdampak positif pada ekonomi, meningkatkan daya saing, dan mendorong pertumbuhan ekonomi di Provinsi Jawa Timur.

“Dengan infrastruktur yang semakin baik, pergerakan orang dan barang di Provinsi Jawa Timur akan semakin lancar, dan daya saing serta pertumbuhan ekonomi akan meningkat,” tutup Presiden.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: