Kemenhub Kalibrasi Fasilitas Bandara Nusantara, Pastikan Kesiapan Operasional dan Keselamatan

Oleh: Tim Redaksi
Selasa, 10 September 2024 | 18:45 WIB
Ibu Kota Nusantara. (BeritaNasional/doc. OIKN).
Ibu Kota Nusantara. (BeritaNasional/doc. OIKN).

BeritaNasional.com -  Kementerian Perhubungan sedang melakukan kalibrasi terhadap seluruh fasilitas dan peralatan di Bandara Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk memastikan kesiapan operasionalnya sesuai dengan standar keselamatan penerbangan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan dalam keterangannya di Jakarta pada Selasa, (10/9/2024), bahwa proses kalibrasi ini dilakukan pada 10 September 2024, sebagai lanjutan dari verifikasi bandara yang telah dilakukan pada 8-9 September 2024.

"Kalibrasi ini penting untuk memastikan keamanan dan keselamatan penerbangan serta untuk memastikan bahwa semua peralatan pendukung transportasi udara berfungsi dengan baik dan akurat," jelasnya.

Kalibrasi adalah langkah awal dalam serangkaian evaluasi untuk menjamin keselamatan penerbangan di bandara. Proses ini mencakup penyetelan dan pengujian peralatan bantu pendaratan seperti radar dan sistem navigasi.

Setelah kalibrasi selesai, bandara akan siap digunakan untuk kunjungan kerja Presiden Jokowi yang direncanakan akan berkantor di IKN dari 11 September hingga 19 Oktober. Presiden juga akan menggelar Sidang Kabinet Paripurna di Istana Kepresidenan IKN dalam waktu dekat.

Budi Karya Sumadi juga menyebutkan bahwa pesawat King Air 350i milik Balai Besar Kalibrasi Fasilitas Penerbangan akan digunakan untuk kalibrasi peralatan navigasi dan komunikasi di bandara, guna memastikan kepatuhan terhadap regulasi keselamatan penerbangan.

Selain kalibrasi peralatan navigasi, sistem navigasi berbasis kinerja (PBN) juga diuji coba untuk memverifikasi prosedur penerbangan yang ada.

Setelah tahap ini, Kementerian Perhubungan akan melakukan penilaian lebih lanjut sebelum memberikan rekomendasi operasional kepada pengelola bandara.

Menurut Kemenhub, progres pembangunan Bandara Nusantara sudah cukup signifikan. Runway saat ini telah mencapai ukuran 2.200 x 30 meter. Pembangunan terminal VVIP sudah lebih dari 90 persen, sedangkan terminal VIP hampir selesai mencapai 80 persen.

Fasilitas penunjang bandara, termasuk menara pengawas lalu lintas udara (ATC), gedung operasional, dan gedung pemadam kebakaran serta penyelamatan, terus dikerjakan. Infrastruktur jalan akses utama menuju bandara hampir selesai 100 persen.

Dengan perkembangan ini, Menhub optimis bahwa Bandara Nusantara akan rampung sesuai target pada 31 Desember 2024.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: