Rencana Jokowi Ngantor di IKN, tapi Sambil Keliling Daerah Indonesia

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Rabu, 11 September 2024 | 07:32 WIB
Presiden Jokowi. (Foto/BPMI)
Presiden Jokowi. (Foto/BPMI)

BeritaNasional.com - Menjelang masa jabatan berakhir, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana akan berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN) hingga purnatugas nanti di tanggal 20 Oktober 2024. Namun, hal itu dilakukannya tidak sepenuhnya karena dia akan berkeliling untuk kunjungan.

 Ia bilang, dirinya tidak akan selalu berkantor di IKN tapi akan tetap kunjungan ke berbagai daerah di Indonesia.

“Oh ndak, saya muter, saya muter ke semua daerah,” ujar Jokowi usai meninjau stabilitas harga bahan pokok di Delimas Pasar Raya, Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang, Selasa (10/9/2024).

Menurut Jokowi, dirinya akan berangkat keliling ke daerah dari IKN. Untuk kegiatan di IKN, Jokowi akan tetap menggelar rapat kabinet, menerima tamu hingga menerima investor.

“Ya rapat-rapat dengan menteri, menerima tamu-tamu seperti biasanya, dan juga groundbreaking beberapa investor yang masuk,” ucap Presiden.

Terkait  teknis perjalanan dari IKN, Jokowi menjelaskan bahwa penggunaan bandara lama atau baru di IKN akan bergantung pada kesiapan fasilitas.

“Ya kita melihat kondisinya, kalau bandara baru siap untuk bisa terbang ya dari bandara baru, kalau ndak ya dari Balikpapan,” ungkapnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: