Pochettino Resmi Jadi Pelatih Amerika Serikat

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Rabu, 11 September 2024 | 18:35 WIB
Mauricio Pochettino resmi menjadi pelatih Amerika Serikat. (Foto/USMNT).
Mauricio Pochettino resmi menjadi pelatih Amerika Serikat. (Foto/USMNT).

BeritaNasional.com - Federasi Sepak Bola AS telah menunjuk Mauricio Pochettino sebagai pelatih kepala Tim Nasional Amerika Serikat. Kabar itu sebagaimana disampaikan oleh USMNT dalam laman resminya.

"Federasi Sepak Bola AS telah menunjuk Mauricio Pochettino ," tulis keterangan USMNT dikutip, Rabu (11/9/2024).

Sementara, Direktur Olahraga Sepak Bola AS Matt Crocker mengungkapkan alasan keputusan akhir untuk menunjuk Pochettino sebagai pelatih kepala.

"Mauricio adalah pemenang berantai dengan hasrat mendalam untuk pengembangan pemain dan kemampuan yang terbukti untuk membangun tim yang kohesif dan kompetitif," kata Crocker.

Dia bilang rekam jejak Pochettino berpengalaman dan sangat disegani, telah sukses menangani beberapa klub papan atas Eropa, termasuk Tottenham Hotspur, Paris Saint-Germain, dan Chelsea.

"Rekam jejaknya berbicara sendiri, dan saya yakin bahwa ia adalah pilihan yang tepat untuk memanfaatkan potensi besar dalam skuad berbakat kami. Kami sangat gembira memiliki Mauricio di tim saat kami memulai perjalanan yang mengasyikkan ini untuk mencapai kesuksesan di panggung global," jelas dia.

Sementara, Pochettino mengungkapkan bahwa keputusan bergabung dengan Timnas Amerika Serikat bukan sekedar sepak bola aja, tapi ingin membentuk sejarah baru di negara tersebut.

"Keputusan untuk bergabung dengan US Soccer bukan hanya tentang sepak bola bagi saya; ini tentang perjalanan yang sedang ditempuh tim dan negara ini," kata Pochettino. 

"Energi, gairah, dan keinginan untuk mencapai sesuatu yang benar-benar bersejarah di sini — itulah hal-hal yang menginspirasi saya. Kesempatan untuk memimpin Tim Nasional Pria AS, di hadapan para penggemar yang sama bersemangatnya dengan para pemain, adalah sesuatu yang tidak dapat saya lewatkan. Saya melihat sekelompok pemain yang penuh dengan bakat dan potensi, dan bersama-sama, kita akan membangun sesuatu yang istimewa yang dapat dibanggakan oleh seluruh bangsa," imbuh dia.

 sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: