Bantu Sukseskan Transisi Pemerintahan, Jokowi Harap TNI-Polri Bisa Jaga Stabilitas Keamanan

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Kamis, 12 September 2024 | 14:03 WIB
Presiden Jokowi saat memberikan arahan kepada Pejabat TNI-Polri di Istana IKN, Kalimantan Timur, Kamis (12/9/2024). (Foto/YouTube Sekretariat Presiden).
Presiden Jokowi saat memberikan arahan kepada Pejabat TNI-Polri di Istana IKN, Kalimantan Timur, Kamis (12/9/2024). (Foto/YouTube Sekretariat Presiden).

BeritaNasional.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta TNI-Polri untuk bisa menjaga stabilitas keamanan menjelang proses transisi pemerintahan yakni pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih hingga pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 mendatang.

Hal itu disampaikan Jokowi saat memberikan arahan kepada Pejabat TNI-Polri di Istana IKN, Kalimantan Timur, Kamis (12/9/2024).

"Bulan depan (Oktober) ada pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih. November akan ada pemilihan serentak Kepala Daerah baik gubernur, bupati dan wali kota," kata Jokowi.

Menurut Jokowi, TNI-Polri harus betul-betul bisa hadir menjaga stabilitas negara menjelang dua agenda tersebut. 

"Sehingga saya minta TNI dan Polri harus betul-betul jaga stabilitas yang sudah terjaga sampai saat ini. Hal-hal kecil segera selesaikan jangan jadi persoalan membesarkan segera dan secepatnya," tegas dia.

Selain itu, Jokowi berharap juga TNI-Polri bisa juga mensukseskan proses transisi dari pemerintahannya ke pemerintahan Presiden Prabowo Subianto.

"Saya minta TNI-Polri menjaga stabilitas, mendukung penuh transisi pemerintahan agar mulus dari pemerintahan saya pimpin akan dilanjutkan oleh pemerintahan yang akan dipimpin oleh bapak Prabowo Subianto," urai dia.

"Pastikan proses transisi berjalan dengan baik dan lancar jangan sampai ada riak-riak berpotensi mengganggu juga. Dukung penuh penyelenggaraan pilkada, jaga netralitas jaga situasi agar tetap kondusif," tambahnya.

 sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: