PPP Nilai Banyak Politikus Berlatarbelakang Ahli, Layak Masuk Zaken Kabinet Prabowo-Gibran?

Oleh: Panji Septo R
Jumat, 13 September 2024 | 10:30 WIB
Ketua DPP PPP Achmad Baidowi (Beritanasional/Ahda)
Ketua DPP PPP Achmad Baidowi (Beritanasional/Ahda)

BeritaNasional.com - Ketua DPP PPP Achmad Baidowi (Awiek) menilai seorang politikus tetap bisa masuk dalam Zaken Kabinet yang bakal diterapkan Presiden terpilih 2024 Prabowo Subianto.

Menurutnya, Zaken Kabinet lebih merujuk kepada menteri yang ahli atau pakar di bidangnya. Ia berpendapat tak sedikit politikus yang merupakan seorang ahli dan layak menjadi menteri.

“Jangan sampai dipahami bahwa Zaken Kabinet itu menteri yang harus dari kalangan profesional atau non partai politik,” ujar Awiek di kompleks parlemen, Senayan, dikutip Jumat (13/9/2024).

Awiek menegaskan, banyak politikus berlatarbelakang ahli dan profesional. Di antaranya seperti Menpan RB Abdullah Azwar Anas dan Menkumham Supratman Andi Atgas.

“Banyak lagi yang berlatarbelakang parpol dan dalam memimpin kementeriannya juga bagus dan tidak ada persoalan,” tuturnya.

Dirinya menyinggung banyak menteri dari kalangan parpol yang terkena kasus hukum. Akan tetapi, dirinya menilai hal tersebut bukan kesalahan parpol.

“Meskipun kita juga memahami bahwa ada menteri-menteri juga yang terkena kasus hukum. Akan tetapi itu bukan gara-gara menterinya berasal dari partai ataupun tidak,” kata dia.

Ia menegaskan Zaken Kabinet bukan terminologi baru dan sudah pernah diterapkan pada era Presiden Soeharto. Menurutnya, Zaken Kabinet bisa berasal dari manapun.

“Yang namanya zaken kabinet itu bisa berasal dari manapun. Artinya apa? Zaken kabinet itu adalah seorang menteri, anggota kabinet yang bisa profesional dalam bidangnya,” ucapnya.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: