Paus Fransiskus Minta Singapura Perhatikan Kesejahteraan Pekerja Migran

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Jumat, 13 September 2024 | 22:30 WIB
Paus Fransiskus minta Singapura perhatikan pekerja  (Foto/Inst Paus Fransiskus)
Paus Fransiskus minta Singapura perhatikan pekerja (Foto/Inst Paus Fransiskus)

BeritaNasional.com - Paus Fransiskus memuji kekuatan ekonomi Singapura. Apalagi Singapura merupakan negara maju di Asia Tenggara.

Namun, Paus mendesak agar Singapura juga memperhatikan kelompok lemah, khususnya pekerja asing. Hal itu disampaikan Paus saat berkunjung ke Singapura.

Paus di Singapura bertemu dengan Presiden Tharman Shanmugaratnam dan Perdana Menteri Lawrence Wong. 

Ia juga sempat mengagumi gedung-gedung pencakar langit modern yang seolah-olah muncul dari permukaan laut. Ia juga memuji komitmen Pemerintah Singapura untuk menyediakan perumahan umum serta pendidikan dan layanan kesehatan berkualitas untuk rakyatnya.

Namun, Paus mendesak otoritas Singapura untuk berhati-hati dalam memberikan penghargaan atas keunggulan dengan cara apa pun. Hal ini merujuk pada budaya kerja dan pendidikan Singapura yang sangat kompetitif.

"Saya ingin menyoroti risiko yang ditimbulkan jika hanya berfokus pada pragmatisme atau menempatkan jasa di atas segalanya, khususnya konsekuensi yang tidak diinginkan dari pembenaran demi mengesampingkan mereka yang berada di pinggiran agar mendapatkan manfaat dari kemajuan,” ujar Paus.

Paus juga menyerukan tentang upah dan kondisi yang layak untuk para pekerja migran. Sebab pekerja migran banyak membantu pembangunan Singapura hingga menjadi salah satu kekuatan ekonomi paling maju di dunia.

"Para pekerja ini memberikan kontribusi yang besar bagi masyarakat dan harus dijamin mendapatkan upah yang adil,” ujar Paus dikutip dari DW.

Untuk diketahui, Singapura sendiri tidak memiliki kebijakan upah minimum untuk penduduk lokal atau orang asing.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: