Pramono Anung Janji Ojol Jadi Pekerja Formal, Sudah Dibahas dalam Rapat Kabinet Paripurna di IKN

Oleh: Ahda Bayhaqi
Minggu, 15 September 2024 | 16:01 WIB
Calon gubernur Jakarta Pramono Anung. (Foto/Tim Pramono).
Calon gubernur Jakarta Pramono Anung. (Foto/Tim Pramono).

BeritaNasional.com - Calon Gubernur Jakarta Pramono Anung berjanji akan menjadikan pengemudi ojek daring atau ojek online (ojol) sebagai pekerja formal. Karena selama ini ojol hanya sebatas mitra penyedia aplikasi layanan ojol.

"Pada ojol, saya ingin melakukan perubahan yang mendasar. Ojol selama ini kan menjadi bukan pekerja yang formal," kata Pramono di kawasan Sudirman, Jakarta, Minggu (15/9/2024).

Pada rapat kabinet di IKN, sekretaris kabinet ini mengusulkan agar ojol diformalkan. Presiden Joko Widodo telah membahas wacana tersebut dalam rapat.

"Dalam konteks pemikiran saya di IKN, kami juga membahas bahwa ojol akan menjadi formal," ujar Pramono.

Keuntungan ojol menjadi pekerja formal akan mendapatkan penghasilan yang stabil. Pramono berjanji akan memberikan ojol pendapatannya setara Upah Minimum Regional (UMR).

"Sehingga kalau formal, maka pendapatannya minimum UMR, kemudian diatur bisa lebih dari itu. Jadi, pemerintah sedang merumuskan itu," ujar politikus PDIP ini.

Pemerintah sedang mengkaji ojol menjadi para pekerja formal. Pemerintah juga membuka peluang mengelola manajemen transportasi daring.

"Sehingga ada kepastian pendapatan dan juga pelayanan kepada ojol ini dilakukan oleh pemerintah," jelasnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: