Cawagub Rano Karno: Naturalisasi Timnas Momen Kembangkan Pemain Lokal

Oleh: Ahda Bayhaqi
Senin, 16 September 2024 | 11:34 WIB
Calon wakil gubernur Jakarta Rano Karno (kanan). (BeritaNasional/Oke Atmaja).
Calon wakil gubernur Jakarta Rano Karno (kanan). (BeritaNasional/Oke Atmaja).

BeritaNasional.com - Calon Wakil Gubernur Jakarta Rano Karno mendukung naturalisasi pemain Timnas sepak bola. Menurut politisi yang akrab disapa Bang Doel ini, naturalisasi relevan dilakukan karena kesempatan para diaspora berbakti pada negara tempat berasal. 

"Ini juga menjadi semacam tempat berbakti, membela negara tempat ayah ibu atau kakek nenek mereka berasal," kata Rano dalam keterangannya, dikutip Senin (16/9/2024).

Anggota Komisi X DPR periode 2019-2024 ini mendorong pemain naturalisasi bisa memberikan atmosfer sehat bagi pemain lokal berkembang. Dengan memberikan pelatihan dan mempersiapkan kompetisi yang berjenjang dengan iklim sehat.

"Mempersiapkan kompetisi berjenjang yang kuat jelas juga sangat penting untuk memastikan berlangsungnya pembinaan di dalam negeri untuk melahirkan bibit-bibit berbakat," ujarnya.

Rano berharap naturalisasi pemain Timnas dijadikan untuk transfer kemampuan kepada pemain lokal. Serta dapat meningkatkan permainan Timnas Indonesia di tingkat dunia.

"Kerjasama yang terjalin antara pemain lokal dan pemain naturalisasi adalah kunci utamanya. Kerjasama itu akan meningkatkan kemampuan permainan sepak bola," ujar politikus PDIP ini.

"Kita mesti memberi ruang buat para pemain itu mencintai Indonesia. Bagaimanapun, ini tempat orang tua mereka berasal. Biarkan mereka mencintai Indonesia, dan Indonesia mencintai mereka. Biarkan mereka mengabdi untuk tanah leluhur mereka, jangan kita tolak," pungkasnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: