Komisi X DPR Setujui Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders

Oleh: Lydia Fransisca
Selasa, 17 September 2024 | 19:46 WIB
Situasi di Gedung DPR RI. (BeritaNasional/Elvis)
Situasi di Gedung DPR RI. (BeritaNasional/Elvis)

BeritaNasional.com - Komisi X DPR RI menyetujui permohonan naturalisasi untuk Mees Hilgers dan Eliano Reijnders menjadi warga negara Indonesia (WNI). Dengan demikian, proses naturalisasi kedua pemain keturunan itu akan dibawa ke Rapat Paripurna DPR.

Hal itu usai Komisi X DPR menggelar rapat kerja dengan Menpora Dito Ariotedjo dan perwakilan PSSI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (17/9/2024).

Rapat Kerja dipimpin Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian. Eliano Reijnders juga mengikuti Rapat Kerja ini lewat saluran zoom.

"Komisi X DPR RI memutuskan menyetujui rekomendasi kewarganegaraan RI atas nama Saudara Eliano Reijnders dan Mees Hilgers,” kata Hetifah.

“Dengan catatan bahwa penetapan Kewarganegaraan RI ditetapkan oleh instansi yang berwenang ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Selanjutnya Rapat Kerja hari ini akan disampaikan pada Rapat Paripurna DPR RI untuk diambil keputusan," imbuh Hetifah.

Di sisi lain, Dito menyampaikan terima kasih kepada Komisi X DPR RI yang mendukung dan menyetujui permohonan perpindahan kewarganegaraan Eliano dan Hilgers.

"Terima kasih atas dukungan dan persetujuan dalam proses permohonan kewarganegaraan," katanya.

Sebelumnya Komisi III DPR RI menyetujui permohonan naturalisasi untuk Mees Hilgers dan Eliano Reijnders menjadi warga negara Indonesia (WNI). Keduanya diproyeksikan untuk membela Timnas Indonesia.

Persetujuan itu saat rapat kerja di Komisi III DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (17/9/2024). Rapat ini juga dihadiri oleh perwakilan pemerintahan yakni Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, Menkumham Supratman Andi Agtas dan Sekjen PSSI Yunus Nusi.

Wakil Ketua Komisi III DPR Pangeran Khairul Saleh menyakanan apakah dokumen mereka sudah ditelisik secara seksama.

"Baik kita telah mendengarkan pertimbangan terhadap dua atlet tersebut,  semua data sudah diperiksa. Untuk menyingkat waktu, Pak Menkumham apakah sudah memeriksa datang sudah sesuai peraturan perundang-undangan?," tanya Pangeran kepada Menkumham Supratman Andi Agtas.

"Sudah pak," jawab Supratman.

Setelah itu, Pangeran menanyakan soal persetujuan kewarganegaraan kepada anggota DPR yang hadir.

"Kira-kira, apakah setuju?," kata Pangeran.

"Setuju," jawab anggota DPR yang hadir.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: