Taiwan Siap Tindak Warga China yang Masuk secara Ilegal

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Kamis, 19 September 2024 | 06:00 WIB
Ilustrasi Taiwan akan cegah warga China masuk ilegal (Foto/Pixabay)
Ilustrasi Taiwan akan cegah warga China masuk ilegal (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Perdana Menteri Taiwan Cho Jung Tai menyatakan, Pemerintah Taiwan akan menindak dan mengevaluasi kembali insiden di mana warga negara China secara ilegal memasuki pulau yang dikelola secara otonom. Warga China memasuki Tawain dengan pakai perahu. 

Cho berkomentar, usai seorang pria China ditemukan di perahu karet di perairan dekat utara Kota Taipei Baru pada Sabtu. Insiden serupa juga terjadi pada Juni.

"Kami telah mengevaluasi beberapa kasus sebelumnya. Insiden warga China masuk secara ilegal, mendorong kami untuk mempercepat tindakan," ujar Cho.

"Saya pastikan menjaga keamanan nasional adalah tanggung jawab pemerintah yang tidak bisa dinegosiasikan. Kami harus segera meninjau kembali insiden-insiden ini dan membuat persiapan yang sesuai," ujarnya.

Garda Pantai Taiwan menyatakan, mereka mendapat informasi dari pemadam kebakaran New Taipei tentang keberadaan seorang pria yang terlihat dekat muara Sungai Houkeng, sekitar 100 meter dari pantai.

Personel Garda Pantai menarik warga negara China itu ke darat. Lalu membawanya ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan karena mengalami dehidrasi parah.

Menurut Garda Pantai, pria tersebut mengaku punya banyak utang di China. Ia hanya ingin memulai hidup baru di Taiwan, lalu melarikan diri ke Taiwan.

Dikutip dari VOA, China mengklaim Taiwan merupakan bagian dari wilayahnya. Seiring dengan klaim itu, Beijing dalam beberapa tahun terakhir terus meningkatkan tekanan militer serta politik terhadap pulau tersebut.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: