Survei LSI: Anies Punya Pengaruh Signifikan di Pilgub Jakarta 2024

Oleh: Lydia Fransisca
Rabu, 18 September 2024 | 20:15 WIB
Mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan dalam sebuah acara di Jakarta. (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan dalam sebuah acara di Jakarta. (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis survei bertajuk Pengaruh Anies di Pilgub Jakarta pada Rabu (18/9/2024). 

Survei ini membeberkan kondisi politik Jakarta menjelang Pilgub 2024 usai Anies Baswedan batal ikut berkontestasi.

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan menuturkan Anies memiliki pengaruh yang signifikan terhadap situasi politik di Pilgub Jakarta.

Hanan menjelaskan, jika Anies mendukung Pramono Anung-Rano Karno, suara yang diperoleh Ridwan Kamil-Suswono hanya di angka 40,5 persen. Padahal, jika Anies bersikap netral, suara RK-Suswono mencapai 51,7 persen.

"Bila Anies mendukung Pramono-Rano, maka yang menarik di sini, dukungan kepada RK-Suswono itu di angka 40,5 persen. Dukungan terhadap Pramono-Rano tidak banyak berubah, tetap di kisaran 30 persen. Tadi kan 29 persen, sekarang 31,5 persen," kata Djayadi dalam paparannya.

Di sisi lain, jika Anies memutuskan memilih Ridwan Kamil-Suswono, suara yang didapatkan hanya meningkat sedikit menjadi 53,7 persen. 

Sementara itu, suara Pramono-Rano juga menurun sedikit menjadi 26,1 persen.

"Dukungan terhadap RK-Suswono itu menjadi di angka sekitar 53,7 persen dibandingkan dengan Anies netral, sedikit lebih tinggi. Dukungan terhadap Pramono-Rano jika Anies mendukung RK-Suswono itu menjadi sedikit lebih rendah itu 26,1 persen," ujar Djayadi.

Djayadi menuturkan turunnya suara RK-Suswono jika Anies memilih Pramono-Rano beralih ke golput.

"Ke mana para pendukung RK-Suswono yang terpengaruh terhadap suara Anies? Itu larinya ke dua tempat, yaitu menjadi golput atau menjadi ragu-ragu tidak menjawab," ucap Djayadi.

Karena itu, Djayadi menegaskan Anies memiliki pengaruh signifikan terhadap kedua pasangan calon ini.

"Kalau Pramono-Rano mau kompetitif, artinya mau mendekatkan elektabilitas dengan RK-Suswono, maka memerlukan dukungan Anies. Karena dukungan Anies walaupun tidak atau belum meningkatkan elektabilitas secara signifikan. Tetapi, dia secara signifikan menurunkan elektabilitas RK dan Suswono," tegas RK.

"Sebaliknya, bagi RK-Suswono mereka memerlukan dukungan dari Anies Baswedan untuk memastikan agar mereka bisa tidak turun suaranya atau tetap lebih mudah melenggang menjadi pemenang atau minimal RK-Suswono membutuhkan sikap Anies netral," tandasnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: