Wapres Ma'ruf Amin Mengeklaim Angka Kemiskinan Ekstrem Indonesia Turun Jadi 0,83 Persen

Oleh: Tarmizi Hamdi
Rabu, 18 September 2024 | 21:15 WIB
Wapres Ma'ruf Amin saat menghadiri sidang tahunan MPR beberapa waktu lalu. (BeritaNasional/Elvis)
Wapres Ma'ruf Amin saat menghadiri sidang tahunan MPR beberapa waktu lalu. (BeritaNasional/Elvis)

BeritaNasional.com - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengeklaim angka kemiskinan ekstrem per Maret 2024 berada di angka 0,83 persen.

“Kami optimistis target ini bisa tercapai mengingat tingkat kemiskinan ekstrem yang semula 1,12 persen pada Maret tahun lalu sudah turun hingga 0,83 persen pada Maret tahun ini,” ucap Ma’ruf di Auditorium Sekretariat Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Rabu (18/9/2024).

Karena itu, Ma’ruf mengapresiasi peran seluruh kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang telah berkontribusi menghapuskan kemiskinan ekstrem.

“Terima kasih atas segala kerja samanya, sehingga kemiskinan ekstrem itu bisa nyaris 0 persen,” ungkapnya.

Ma’ruf mengingatkan pencapaian target penghapusan kemiskinan ekstrem masih dihadapkan pada berbagai tantangan.

Misalnya, akurasi data sasaran, konvergensi program, kualitas pelaksanaan program, penyesuaian standar garis kemiskinan ekstrem, hingga regulasi pelaksanaan penghapusan kemiskinan ekstrem yang akan berakhir tahun ini.

“Kita perlu menjaga agar tren penurunan ini terus berlanjut melalui kolaborasi dan kerja seluruh pemangku kepentingan termasuk kinerja dan peran aktif seluruh kepala daerah. Karena ini sangat menentukan,” ucapnya.

Ma’ruf juga sempat berpamitan dan menyampaikan permohonan maaf atas segala kekurangan selama memimpin upaya penghapusan kemiskinan ekstrem selama lima tahun terakhir.

“Karena pemerintahan periode Pak Jokowi, saya tinggal menghitung hari, maka sekaligus kesempatan ini saya juga menyampaikan permohonan maaf, pamit, sebab sampai tanggal 20 Oktober nanti kita sudah selesai,” ucapnyasinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: