Soal Proyek Tol Puncak, Basuki: Tunggu Kabinet Berikutnya

Oleh: Ahda Bayhaqi
Rabu, 18 September 2024 | 22:00 WIB
Kemacetan parah melanda jalan Puncak, Kabupaten Bogor, pada libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada Minggu, 15 September 2024. (BeritaNasonal/Elvis).
Kemacetan parah melanda jalan Puncak, Kabupaten Bogor, pada libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada Minggu, 15 September 2024. (BeritaNasonal/Elvis).

BeritaNasional.com -  Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, memberikan informasi terkini mengenai rencana pembangunan Jalan Tol Puncak.

Ia menyatakan bahwa studi untuk pembangunan tol tersebut telah selesai, dan saat ini hanya menunggu persetujuan dari kabinet Presiden Terpilih, Prabowo Subianto.

"Rencana untuk Tol Puncak 2 dari Sentul menuju Taman Bunga sudah ada, tinggal menunggu keputusan kabinet yang baru," jelas Basuki saat ditemui di Kompleks Parlemen pada Rabu (18/9/2024).

Selain fokus pada pembangunan jalan tol, Basuki juga mengungkap bahwa ada opsi lain yang sedang dirumuskan, yaitu pembangunan jalan nasional melalui program Inpres Jalan Daerah (IJD). 

Ia memastikan bahwa rencana IJD untuk Puncak telah dibahas dengan Komisi V DPR RI, meskipun ia tidak menjelaskan secara rinci mengenai rute proyek tersebut. 

"Daerahnya menarik dan sudah mulai berkembang dengan banyak wisatawan, serta terdapat banyak pondok dan kafe," tambahnya.

Sebagai catatan, tol pucak kembali menjadi sorotan, karena kemacetan parah melanda jalan Puncak, Kabupaten Bogor, pada libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada Minggu, 15 September 2024.  Akibatnya, kendaraan terjebak dalam kemacetan selama hampir sembilan jam.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor, AKP Rizky Guntama, menjelaskan bahwa kemacetan ini disebabkan oleh lonjakan jumlah kendaraan yang melintas melebihi kapasitas jalan. 

Tercatat ada sekitar 114.000 unit kendaraan yang melewati jalur tersebut, yang melebihi kapasitas.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: