Israel Ledakkan Ribuan Pager di Lebanon Merupakan Tindakan Terorisme

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Kamis, 19 September 2024 | 21:30 WIB
Ilustrasi Israel ledakkan pager (Foto/Freepik)
Ilustrasi Israel ledakkan pager (Foto/Freepik)

BeritaNasional.com - Pakar Timur Tengah dari Universitas Indonesia (UI) Yon Machmudi mengatakan, serangan terhadap sistem perangkat komunikasi di Lebanon yakni ribuan pager yang diledakkan yang diduga dilakukan Israel merupakan sebuah tindak terorisme.

“Sasaran korban serangan tak bisa diprediksi. Bahkan banyak warga sipil dan orang-orang yang tidak terlibat dalam peperangan kena ledakan pager-pager tersebut,” ujar Yon dikutip dari Antara.

Menurut Yon, serangan terhadap sistem komunikasi seperti pager yang digunakan Hizbullah dapat terjadi karena ada pihak-pihak lain yang diintervensi oleh Israel.

Ia mengatakan, Israel berupaya menimbulkan rasa ketakutan yang besar sehingga memaksa Hizbullah menghentikan serangan terhadap Israel.

Namun serangan Israel itu malah banyak menimbulkan jatuhnya korban sipil. Jadi bisa saja Hizbullah malah akan melancarkan serangan balasan.

“Justru serangan ini makin memperkuat dan memperbesar potensi serangan-serangan balasan yang akan dilakukan Hizbullah terhadap Israel,” kata Yon.

Ia mengatakan, PBB dan komunitas internasional harus mengutuk serangan yang dilakukan di luar kebiasaan. Apalagi serangan itu mengarah pada tindak terorisme tersebut sebab banyak korban sipil meninggal dunia.

Sebelumnya ribuan pager di seantero Lebanon tiba-tiba meledak pada Selasa. Ledakan perangkat komunikasi lain seperti protofon (walkie-talkie) juga dilaporkan kembali terjadi pada Rabu. Israel merupakan dalang serangan teroris tersebut.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: