Pendongeng Cilik Raih Penghargaan Anugerah Kebudayaan Indonesia 2024

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Jumat, 20 September 2024 | 04:00 WIB
Ilustrasi membaca buku dongeng (Foto/Pxfuel)
Ilustrasi membaca buku dongeng (Foto/Pxfuel)

BeritaNasional.com - Seorang pendongen cilik dari  Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), atas nama Zakia Minang Ayu (11) berhasil meraih penghargaan di ajang Anugerah Kebudayaan Indonesia (AKI) 2024.

"Penganugerahan itu diberikan langsung oleh Mendikbudristek, ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Rismy Wira Maddona.

Pendongeng cilik bernama Zakia Minang Ayu mewakili Provinsi Kepulauan Babel. Ia jadi salah satu dari tiga peserta di seluruh Indonesia yang berhasil mendapat penghargaan yang diselenggarakan Direktorat Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan (PTLK), Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Rismy mengatakan, Zakia merupakan anggota komunitas pendongeng cilik Kampung Dongeng Bangka Belitung.

"Bakat yang dimiliki Zakia membuatnya jadi penyiar cilik pada siaran Pelangi Anak di stasiun RRI Sungailiat setiap hari Minggu. Ia sebelumnya jadi pendongeng di radio Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel," kata Rismy dikutip dari Antara.

Kemampuan di bidang seni anak dari pasangan Erianto dan Ira Esmeralda berhasil menciptakan lagu "Rintik Hujan" pada tahun 2023. 

Pada tahun 2022 Zakia juga sukses membuat cerita pendek "Mentilin dan Burhan Si Burung Hantu". Karya ini dimasukkan dalam buku Antologi 38 Dongeng Inspiratif Anak Indonesia.

"Zakia mendapat apresiasi dari berbagai pihak karena kreatif dan memberikan kontribusi dalam mengajak teman-teman untuk memanfaatkan waktu luang dengan positif melalui komunitas Literasi Anak, Lebah," ujar Rismy.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: