Kemenkes Perpanjang Pekan Imunisasi Nasional Polio

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Sabtu, 21 September 2024 | 07:00 WIB
Ilustrasi imunisasi polio (Foto/Pixabay)
Ilustrasi imunisasi polio (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memperpanjang Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio dosis 1 dan 2 di 33 provinsi hingga 23 September 2024. Ini agar memperluas cakupan imunisasi, karena hanya tiga provinsi yang cakupan keduanya sudah 95 persen atau lebih. 

Direktur Pengelolaan Imunisasi Kemenkes dr Prima Yosephine mengatakan, per tanggal 15 September 2024, ketiga provinsi itu adalah Banten, Jakarta, dan Sumatera Selatan.  

"Selain itu, ada 2 provinsi, yaitu Gorontalo dan Sulawesi Selatan, yang telah mencapai target cakupan dosis 1 ≥95 persen. Sedangkan cakupan dosis 2 belum mencapai target," ujar Prima dikutip dari Antara.

Hingga saat ini, kata dia, kasus polio masih dilaporkan terjadi di beberapa wilayah Indonesia, termasuk Aceh, yakni Pidie, Aceh Utara, Bireuen, Purwakarta, Klaten, Sampang, Pamekasan, Pandeglang, Mimika, Nduga, dan Asmat.  

Prima menilai, dibutuhkan akselerasi, kecepatan, dan semangat lebih untuk mencapai target PIN Polio secara keseluruhan. Oleh karena itu, katanya, puskesmas harus melakukan pemetaan desa dan kelurahan yang belum mencapai target dan menyusun strategi untuk mencapainya.  

Menurutnya, pemberian imunisasi tambahan pada PIN Polio secara serentak dan massal sangat penting untuk memutus rantai penularan virus dan menghentikan kejadian luar biasa (KLB).

"Penyakit polio dapat menyebabkan dampak serius pada kesehatan, salah satunya kelumpuhan. Tapi penyakit ini dapat dicegah melalui imunisasi polio lengkap," tambahnya.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: