Dispar Kalsel Gencar Promosikan Geopark Meratus Usai Diusung UNESCO

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Sabtu, 21 September 2024 | 06:30 WIB
Ilustrasi indahnya Geopark Meratus (Foto/Inst Meratus Geopark)
Ilustrasi indahnya Geopark Meratus (Foto/Inst Meratus Geopark)

BeritaNasional.com - Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan (Dispar Kalsel) gencar mempromosikan dan menyosialisasikan Geopark Meratus usai diusung menjadi UNESCO Global Geoparks (UGGp) pada Kalsel Expo 2024.

"Kami terus mensosialisasikan Geopark Meratus, mengingat saat ini Geopark Meratus juga sedang diusung menjadi UNESCO Global Geoparks," kata Pelaksana Tugas Kepala Dispar Provinsi Kalsel Muhammad Noor.

UNESCO menilai Geopark Meratus Kalsel untuk menjadi anggota UNESCO Global Geoparks melalui sidang pertemuan UGGp Council di Non Nuoc Cao Bang UGGp Provinsi Cao Bang, Vietnam pada 8-9 September 2024.

Selain Geopark Meratus, UNESCO juga mempertimbangkan Geopark Kebumen menjadi bagian dari 17 aplikasi aspiring UGGp 2023 yang mendapatkan penilaian pada 2024.

Sebanyak 17 aplikasi aspiring UGGp berasal dari berbagai negara, seperti Brasil, Kanada, China, Italia, Indonesia, Meksiko, Maroko, Norwegia, Korea Selatan, Saudi Arabia, Spanyol, Tanzania, Unitied Kingdom of Great Britain and Northern Ireland, dan Vietnam.

Dikutip dari Antara, berdasarkan hasil sidang UGGp Council, Geopark Meratus diterima secara aklamasi untuk menjadi anggota UGGp dengan beberapa rekomendasi.

Rekomendasi itu antara lain, harus memperbaiki justifikasi warisan geologi yang bernilai internasional, memperbaiki dan mengupdate panel Informasi sehingga lebih menarik banyak wisatawan.

Kemudian meningkatkan keterkaitan hubungan antara nilai geologi dengan keragaman hayati, dan budaya untuk meningkatkan kesadaran, pendidikan, dan promosi geopark, memperbaiki dan mengupdate informasi pada website, meningkatkan jejaring geopark. Selain itu juga harus menyusun strategi dan rencana aksi untuk memastikan warisan budaya lokal dapat diteruskan ke generasi muda.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: