Rusia Peringatkan Ukraina dan Barat untuk Tidak Usik Belarusia

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Sabtu, 21 September 2024 | 20:30 WIB
Rusia minta Ukraina tak usik Belarusia (Foto/Freepik)
Rusia minta Ukraina tak usik Belarusia (Foto/Freepik)

BeritaNasional.com - Rusia memperingatkan Barat dan Ukraina akan konsekuensi  yang tidak diinginkan jika Ukraina dan Barat melawan sekutu dekat Rusia, Belarusia. 

Rusia menegaskan, negara itu akan campur tangan untuk membela Belarusia di mana mereka telah mengerahkan senjata nuklir taktis.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan, saat ini ada aktivitas yang semakin provokatif di perbatasan dengan Belarusia. Rusia tidak mengesampingkan kemungkinan adanya upaya untuk meningkatkan ketegangan di wilayah tersebut.

"Kami mencermati informasi yang diterima tentang intensifikasi aktivitas pasukan Ukraina di zona perbatasan," kata Zakharova.

"Kami melihat sendiri fakta-fakta ini dan menyadari adanya upaya terus-menerus dari pihak Ukraina untuk menggunakan pesawat nirawak dan mengirim teroris ke republik ini," ujarnya dikutip dari VOA.

Kementerian Luar Negeri Ukraina mengatakan, pihaknya tidak pernah mengambil dan tidak akan mengambil tindakan tidak bersahabat terhadap rakyat Belarusia.

 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: