Ridwan Kamil Punya Jurus Ampuh agar Warga Jakarta Tak Terjerat Pinjaman Online

Oleh: Ahda Bayhaqi
Minggu, 22 September 2024 | 14:45 WIB
Calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil saat diwawancarai dalam sebuah acara di Jakarta. (BeritaNasional/Ahda)
Calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil saat diwawancarai dalam sebuah acara di Jakarta. (BeritaNasional/Ahda)

BeritaNasional.com - Calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil belum lama ini menyosialisasikan program pemberian modal usaha tanpa bunga kepada masyarakat.

Menurut pria yang kini akrab disapa Bang Emil tersebut, program kredit tersebut digulirkan agar warga Jakarta tidak lagi terjerat pinjaman online (pinjol). Jadi, program ini bertujuan melawan pinjol. 

‘’Itu jawaban supaya mereka tidak terpinjol, Dikelola oleh pemerintah. Kalau diserahkan kepada hukum pasar, mereka jadi korban pinjol, Untuk melawan pinjol, pemerintah mengorganisasikan cara-cara pinjaman yang bisa dikendalikan dengan baik oleh peraturan pemerintah,’’ jelasnya saat berada di Fave Hotel, Cililitan, Jakarta Timur, Minggu (22/9/2024).

Mantan gubernur Jawa Barat (Jabar) tersebut menjelaskan program itu sebenarnya sudah dijalankannya di Jawa Barat. Kini, Ridwan Kamil ingin mengaplikasikan program yang disebut Kredit Mesra ini Jakarta.  

‘’Sudah saya buktikan, bukan gagasan baru, Silakan google, namanya Kredit Mesra Jawa Barat,’’ tandasnya.

Dilansir dari laman Pemprov Jabar, Kredit Mesra adalah program kredit tanpa bunga dan agunan hasil kerja sama antara Pemprov Jabar dengan Lembaga Keuangan/ Perbankan.

Program tersebut memiliki tujuan meningkatkan aksesibilitas masyarakat terhadap akses permodalan, memudahkan masyarakat mendapatkan pembiayaan mikro, mengurangi angka pengangguran, dan peningkatan pertumbuhan ekonomi.

Masyarakat kurang mampu sangat membutuhkan dukungan untuk memperbaiki kualitas hidup tanpa terlilit jeratan rentenir.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: