Survei Poltracking: Luthfi-Yasin Unggul Jauh dari Andika-Hendrar di Pilgub Jawa Tengah

Oleh: Ahda Bayhaqi
Selasa, 24 September 2024 | 16:07 WIB
Paslon Ahmad Luthfi-Taj Yasin Maimoen dan Andika Perkasa-Hendrar Prihadi saat pengundian Nomor Urut Pilgub Jawa Tengah. (Foto/YouTube KPU Jawa Tengah)
Paslon Ahmad Luthfi-Taj Yasin Maimoen dan Andika Perkasa-Hendrar Prihadi saat pengundian Nomor Urut Pilgub Jawa Tengah. (Foto/YouTube KPU Jawa Tengah)

BeritaNasional.com - Poltracking Indonesia merilis hasil survei elektabilitas calon gubernur di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah 2024.

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 2 Ahmad Luthfi dan Taj Yasin Maimoen unggul dari lawannya, Andika Perkasa dan Hendrar Prihadi.

Pada survei yang dirilis pada Selasa (24/9/2024), elektabilitas Luthfi-Taj Yasin mencapai 52,2 persen. Sementara itu, Andika-Hendrar baru 31,4 persen.

"Pada simulasi pasangan calon gubernur-wakil gubernur Jawa Tengah dengan menggunakan surat suara, pasangan Ahmad Luthfi-Taj Yasin Maimoen memperoleh angka elektabilitas 52,2 persen, sedangkan pasangan Andika Perkasa-Hendrar Prihadi 31,4 persen," ujar Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda saat memaparkan hasil survei secara daring pada Selasa (24/9/2024).

Sementara itu, masih ada 16,4 persen responden yang belum menjawab atau tidak tahu.

Bila diadu head-to-head antara calon gubernur, Ahmad Luthfi tetap unggul dibandingkan Andika Perkasa. 

Elektabilitas Luthfi mencapai angka 50,1 persen, sedangkan Andika 30,8 persen. Masih ada responden yang belum tahu atau tidak menjawab sebesar 19,1 persen.

Pertarungan antara calon wakil gubernur juga masih unggal Taj Yasin daripada Hendrar Prihadi. 

Taj Yasin memiliki elektabilitas 50,7 persen, sedangkan Hendrar 25,9 persen. Namun, ada 23,4 persen responden yang menjawab tidak tahu atau tidak menjawab.

Poltracking Indonesia menggelar survei elektabilitas calon gubernur dan calon wakil gubernur Jawa Tengah pada 8-14 September 2024. Survei digelar secara tatap muka di Jawa Tengah.

Pengambilan sampel survei menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan jumlah responden 1.200 orang. 

Survei memiliki margin of error sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: